Share

Kebakaran Islamic Centre di Missouri Diduga Disengaja, FBI Lakukan Penyelidikan

Agregasi VOA, · Senin 27 April 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 18 2205682 kebakaran-islamic-centre-di-missouri-diduga-disengaja-fbi-lakukan-penyelidikan-tkHJvFsAny.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

ST. LOUIS – Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) mencurigai kebakaran yang terjadi di Pusat Islam (Islamic Centre) di tenggara Missouri dan menawarkan hadiah USD5.000 (sekira Rp77,5 juta) untuk informasi yang bisa membantu menangkap siapapun yang terlibat. Insiden itu terjadi bertepatan dengan dimulainya bulan Ramadhan di AS.

Richard Quinn, agen FBI yang bertugas di Divisi St. Louis, mengumumkan imbalan itu pada Jumat (24/4/2020), beberapa jam setelah kebakaran terjadi di Islamic Center of Cape Girardeau. Antara 12 hingga 15 orang dievakuasi dan luput dari luka-luka. Kepala dinas pemadam kebakaran Travis Hollis mengatakan kerusakan bangunan sangat parah. 

Kelompok advokasi Muslim, Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang Missouri, mengatakan kebakaran itu dimulai di pintu depan bangunan. CAIR mencatat terjadinya kebakaran, pada Kamis malam (23/4/2020) adalah dimulainya bulan suci Ramadhan.

"Karena kebakaran itu dianggap 'mencurigakan,' dan karena terjadi di sebuah rumah ibadah pada hari yang signifikan, kami mendesak pihak berwenang untuk menyelidiki kemungkinan motif bias terkait kebakaran itu," kata direktur komunikasi nasional CAIR, Ibrahim Hooper, dalam pernyataan yang dilansir VOA.

Biro Alkohol, Tembakau dan Senjata Api (ATF) federal serta marshal kebakaran negara bagian juga menyelidiki kebakaran itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini