Istri Menghilang Setahun, Taipan Norwegia Ditangkap Atas Dugaan Pembunuhan

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 29 April 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 18 2206651 istri-menghilang-setahun-taipan-norwegia-ditangkap-atas-dugaan-pembunuhan-eghJ64M4FA.jpg Tom Hagen, konlomerat asal Norwegia. (Foto/BBC)

OSLO - Salah satu pria paling kaya di Norwegia ditangkap terkait istrinya yang menghilang pada 2018 istrinya, dan ditahan atas dugaan pembunuhan atau terlibat dalam pembunuha.

Tom Hagen, seorang investor real estat dan pemilik sebuah perusahaan listrik, ditangkap dalam perjalanannya ke tempat kerja, lapor AP News, menyitir 9 News, Rabu (29/4/2020).

Polisi pertama kali melaporkan bahwa Anne-Elizabeth Falkevik Hagen (69) telah diculik. Polisi diberitahuh bahwa Anne pergi pada 31 Oktober 2018.

"Kasus ini dilakukan penipuan yang terencana," kata kepala penyelidik polisi Tommy Broeske saat konferensi di Oslo.

"Karena hipotesis lain melemah, kecurigaan kepadaTom Hagen menguat," lanjutnya.

Jaksa Penuntut Aase Kjustad Eriksson meminta agar Hagen ditahan selama empat minggu sebelum menjalani praperadilan.

Polisi tidak merinci motif penculikan karena penyelidikan yang sedang berlangsung. Namun wanita yang dinikahi Hagen nikahi pada usia 19 itu menghilang dari rumah mereka di Loerenskog.

Pada Januari 2019 datang permintaan uang tebusan tapi polisi tidak mengatakan jumlah tebusan.

Surat kabar Norwegia, VG mengatakan, penculik meminta bayaran sebesar 9 juta euro (sekira Rp149 juta) dalam mata uang digital yang populer di kalangan penjahat siber.

Polisi merilis video keamanan yang menunjukkan seorang pria berjalan bolak-balik di luar tempat kerja Hagen.

Pada Juni 2019, polisi mengubah hipotesis utama mereka karena tidak adanya tanda-tanda bahwa perempuan yang hilang itu masih hidup.

Tom Hagen, merupakan bisnis real estat yang ia mulai tahun 1978. Kekayaannya diperkirakan bernilai hampir 1,7 miliar kroner (sekira Rp3,7 triliun).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini