Ini Motif Prank Sembako Sampah Youtuber Ferdian Paleka Cs

CDB Yudistira, Okezone · Selasa 05 Mei 2020 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 525 2209419 ini-motif-prank-sembako-sampah-youtuber-ferdian-paleka-cs-jbo2zvz8ir.jpg Ferdian Paleka (foto: ist)

BANDUNG - Polisi masih mendalami kasus aksi prank Ferdian Paleka (FP) Cs, yang memberikan bantuan berisi sampah kepada empat waria di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung.

Satu orang yang turut dalam pembuatan aksi prank tersebut berinisial TF sudah menyerahkan diri. Saat diperiksa diketahui aksi prank tersebut diinisiasi TF, FP, dan seorang lainnya berinisial A.

"Motivasinya nambah konten, dan nambah subcriber," kata Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri, saat dihubungi via sambungan teleponnya, Selasa (5/5/2020).

 ferdian

Hasil pemeriksaan lainnya, juga diketahui FP bukanlah orang yang memiliki ide untuk membuat prank tersebut. Melainkan, temannya yang berinisial A.

"Dan diaminkan sama yang lainnya mereka bertiga," katanya. Saat ini, polisi masih memburu keberadaan FP dan A.

Dalam kasus ini, Galih menyebutkan pihaknya bakal menerapkan Pasal 45 Ayat 3 UU ITE. Pasal tersebut berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 Ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

"Kita tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah yang akan kita lihat nanti, dari substansi pasal-pasal yang ada seperti apa dari masing setiap individu," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini