Mahathir Mohamad Berupaya Ajukan Mosi Tidak Percaya pada Muhyiddin Yassin

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 18 2210917 mahathir-mohamad-berupaya-ajukan-mosi-tidak-percaya-pada-muhyiddin-yassin-kmu9dQxHRb.jpg Mahathir Mohamad. (Foto/Wikimedia Commons)

PETALING JAYA - Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad berusaha mengajukan mosi tidak percaya kepada Muhyiddin Yassin di parlemen. 

Mengutip The Star, Jumat (8/5/2020) Mahathir menulis surat kepada Ketua Parlemen Mohamad Ariff Md Yusof untuk meminta izin agar mosi dan resolusi dibacakan pada pembukaan parlemen 18 Mei. 

Surat tertanggal 4 Mei mengusulkan mengajukan resolusi untuk memutuskan bahwa perdana menteri Malaysia saat ini Muhyiddin Yasin tidak mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen.

Foto/Astro

Sebuah sumber mengetahui masalah ini mengkonfirmasi bahwa Mahathir telah mengirim surat kepada Ariff tentang mosi tidak percaya terhadap PM Muhyiddin. 

Klaim Mahathir

Mahathir Mohamad merilis daftar 114 anggota parlemen yang mendukungnya untuk diangkat sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Mahathir mengatakan dia telah menyiapkan surat untuk menjelaskan posisinya kepada Raya Malaysia Yang Dipertuan Agong.

Menurut Free Malaysia Today, syarat menjadi PM Malaysia yakni mendapatkan suara 112 dari 222 anggota Parlemen.

"Saya harap Raja akan menerima surat dan penjelasan saya," kata Mahathir mengutip Free Malaysia Today, Sabtu (29/2/2020).

Istana Negara sebelumnya mengumumkan bahwa Muhyiddin Yassin ditunjuk oleh Yang Dipertuan Agong untuk menjadi perdana menteri Malaysia ke-8, menggantikan Mahathir yang menjabat PM Malaysia sementara.

"Angka yang dia (Muhyiddin) perlihatkan kepada Raja tidak benar," ujar Mahathir dalam sebuah pernyatan yang diunggah ke Twitter.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini