nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

H-2 Lebaran, Ratusan Penumpang Diterbangkan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Herman Amiruddin, Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 13:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 340 2217981 h-2-lebaran-ratusan-penumpang-diterbangkan-dari-bandara-sultan-hasanuddin-makassar-JeY3h2WRQE.jpg Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ramai penumpang pada H-2 Lebaran 2020. Foto: Herman Amiruddin/Okezone

MAKASSAR - Memasuki H-2 Lebaran 2020 atau Idul Fitri 1441 H, suasana Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, mulai ramai.

Ratusan calon penumpang tampak bersiap di ruang tunggu untuk diberangkatkan ke daerah tujuan masing-masing. Selain itu sebagian calon penumpang memadati area posko Gugus Terpadu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

General Manager Angkasa Pura 1 Bandara Sultan Hasanuddin Wahyudi mengungkapkan, kondisi bandara kembali normal dan saat ini sudah kembali beroperasi sesuai instruksi Kementerian Perhubungan.

"Pengoperasian bandara berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 serta surat edaran 31 dan surat edaran nomor 4," kata Wahyudi.

Bagi calon penumpang wajib menjalankan protokol kesehatan yang tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid 19). "Sebelum berangkat ke daerah tujuan, calon penumpang wajib memenuhi prosedur protokol covid-19," ucap Wahyudi.

Lebih lanjut ia mengatakan pergerakan penumpang tahun ini menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama. Hal tersebut karena penerbangan diperuntukkan untuk para pekerja, tidak diperuntukkan bagi pemudik.

Pelayanan di Bandara Hasanuddin pun berjalan dengan baik dan normal, para petugas Gugus Terpadu mengutamakan pelayanan protocol Covid-19 tetap dilaksanakan di bandara, baik di terminal keberangkatan ataupun terminal kedatangan.

Meski bandara terlihat di padati penumpang, namun tidak semua calon penumpang ini pasti berangkat, karena ada beberapa penumpang terpaksa harus rela batal terbang lantaran tidak memenuhi syarat standar pemberangkatan.

Hari ini pergerakan penumpang di bandara pun mulai mengalami peningkatan. Per harinya calon penumpang mencapai 600 orang.

"Maskapai itu yang melayani dengan rute makassar - jakarta, makassar - surabaya serta makassar - kendari," sebut Wahyudi.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini