Listrik di Pekanbaru Sering Padam Gara-Gara Layangan Nyangkut

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Sabtu 30 Mei 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 340 2222041 listrik-di-pekanbaru-sering-padam-gara-gara-layangan-nyangkut-zZoV2O1qig.jpg Layangan nyangkut di tiang listrik. (Foto : Ist)

PEKANBARU – Beberapa hari ini listrik di sejumlah titik di Pekanbaru mengalami gangguan. Penyebabnya karena banyaknya layang-layang yang mengangkut di kabel listrik.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Pekanbaru Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan, Said Murtazak mengatakan, banyaknya warga bermain layang-layang menyebabnya terganggunya 114 titik di Ibu Kota Riau.

"Dari pendataan kita terdapat 114 lokasi di Kota Pekanbaru yang sering padam listrik disebabkan layang-layang," katanya, Sabtu (30/5/20200.

Daerah yang padam listrik karena banyaknya layang-layang menyangkut di kabel listrik yang ada di banyak Jalan Soekarno Hatta, M Yamin, Garuda, Muhajirin, Pangeran Hidayat, Hangtuah, Durian, Sekuntum, Purwodadi, dan lainnya.

Terkait banyaknya warga yang bermain layangan yang nyangkut di jaringan listrik, pihak PLN telah melakukan sosialisasi di beberapa lokasi kantor lurah dan permukiman warga yang banyak main layang-layang.

"Khusus untuk patroli layang-layang, kami lakukan rutin setiap sore hari, menyasar titik-titik lokasi para pemain layangan, hingga malam hari juga masih kami dapati masyarakat yang bermain layang-layang," tuturnya.


Baca Juga : Balon Udara Jatuh Nyaris Bakar Kabel Listrik di Ponorogo Bikin Panik Warga

Pihak PLN menekankan warga yang bermain layang-layang tidak dekat dengan listrik. Selain merugikan orang lain, bermain layang-layang dekat listrik juga membahayakan diri sendiri.

"Ini tentunya perlu dukungan dan kerja sama aparat serta tokoh masyarakat untuk peduli dan ambil bagian dalam menertibkan pemain layang-layang agar keberadaannya tidak mengganggu kepada kepentingan umum seperti listrik," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini