Lindungi Gedung Putih, Pasukan Garda Nasional Diaktifkan di Washington

Widi Agustian, Okezone · Minggu 31 Mei 2020 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 31 18 2222305 lindungi-gedung-putih-pasukan-garda-nasional-diaktifkan-di-washington-cobxQg6N7T.jpg (Foto: VoA/Reuters)

JAKARTA - Pasukan Garda Nasional telah diaktifkan di Washington DC untuk membantu polisi menangani protes di sekitar Gedung Putih.

Demikian menurut pernyataan dari Garda Nasional di Facebook, seperti dikutip dari CNN, Minggu (31/5/2020).

DC National Guard (DCNG) memang berkewajiban melapor kepada Presiden. Tetapi pengaktifan pasukan ini atas arahan Sekretaris Angkatan Darat.

“DCNG selalu siap membantu badan-badan distrik dan federal untuk melindungi kehidupan dan harta milik warga. DCNG secara khusus dilatih dan dilengkapi untuk misi mendukung polisi. Dan kami dengan bangga menerimanya,” kata Mayor Jenderal William J Walker dalam pernyataannya.

Delama dua malam terakhir, di dekat Gedung Putih terjadi aksi protes setelah kematian George Floyd.

Baca juga: Kerusuhan AS, 25 Kota Berlakukan Jam Malam

Sebelumnya, Presiden Donald Trump memuji Secret Service karena menangani kerusuhan di luar kediamannya, dengan mengatakan mereka "tidak hanya benar-benar profesional, tetapi juga sangat keren."

"Saya ada di dalam, menyaksikan setiap gerakan, dan tidak bisa merasa lebih aman," tulis Trump di Twitter.

"Mereka membiarkan pengunjuk rasa berteriak sebanyak yang mereka inginkan, tetapi setiap kali seseorang menjadi terlalu lincah atau keluar dari barisan, mereka akan dengan cepat menjatuhkan mereka dengan keras, tidak tahu apa yang menimpa mereka. Setelah garis depan diganti dengan agen menjadi angin segar, seperti sulap," lanjut dia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini