Polisi Razia Balon Udara Berisi Petasan, Sejumlah Warga Kocar-Kacir

Suryono, iNews · Minggu 31 Mei 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 31 512 2222342 polisi-razia-balon-udara-berisi-petasan-sejumlah-warga-kocar-kacir-lZRtGqURl7.jpg Petugas saat mengamankan balon udara liar di Pekalongan (Foto: iNews/Suryono)

PEKALONGAN - Petugas gabungan berhasil menggagalkan warga menerbangkan sejumlah balon udara dan petasan, di Pekalongan Selatan, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan warga untuk merayakan tradisi syawalan atau tujuh hari setelah puasa syawal atau lebaran.

Diketahui warga menerbangkan balon dengan petasan ini di tanah lapang yang tersembunyi dan menjadi tontonan tersendiri. Setelah balon berisi asap penuh, maka dilepas ke udara lalu beberapa saaat kemudian, petasan besar akan meledak satu persatu, menimbulkan bunyi menggelegar di udara.

“Tradisi ini sudah turun temurun, sehingga tetap dilakukan. Meski ada larangan, warga tetap menerbangkan balon sebagai penanda bahwa warga telah usai puasa syawal, dan saatnya perayaan,” kata warga Banyurip Pekalongan, Hendi.

 Baca juga: Terbangkan Balon Udara Liar Bakal Dipenjara 2 Tahun

Sementara itu, Kapolsek Pekalongan Selatan, AKP Basuki Budi Santoso mengatakan, pihaknya melakukan razia balon berpetasan diberbagai lokasi. Tempat- tempat biasa menerbangkan, didatangi dan balon serta petasan serta tungku alat bakar disita petugas.

Petasan

“Sejak pagi kami melakukan patroli dan mencegah penerbangan balon berpetasan ini. Kami berhasil mengamankan sekitar 15 balon, dan ratusan petasan besar dan kecil. Pelaku kabur saat kita mendatangi lokasi,” kata Basuki, Minggu (31/5/2020).

 Baca juga: Patroli Sejak Subuh, Polres Ponorogo Amankan 30 Balon Udara

Petugas yang melakukan razia, hanya berhasil menyita sebagian kecil balon serta petasan tersebut, para pelaku juga tidak ada yang diamankan .

“Belasan balon dan ratusan petasan besar dan kecil berhasil disita lalu akan dimusnahkan. Para pemuda yang menerbangkan lari ketika petugas datang,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini