Demi Bisa Pulang Kampung ke Medan, 3 Pemuda Mencuri Material Bangunan

Azhari Sultan, Okezone · Senin 01 Juni 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 01 340 2222956 demi-bisa-pulang-kampung-ke-medan-3-pemuda-mencuri-material-bangunan-5RL0eWDP3a.jpg Ilustrasi

JAMBI - Aksi nekat tiga pemuda asal Medan, Sumatera Utara, ini harus berakhir tragis. Betapa tidak, hanya ingin pulang kampung, ketiganya nekat mencuri material bangunan di kawasan rumah toko (ruko) di kawasan perbelanjaan Transmart, Thehok, Kota Jambi.

Akibatnya, dua orang tersangka terpaksa ditembak petugas lantaran mencoba kabur dan melawan dari kejaran petugas unit Reskrim Polsek Jambi Selatan.

Kanit Reskrim Jambi Selatan, Ipda Putu Gede Eha Purwita mengakui adanya kejadian tersebut. Ketiga orang tersebut, yaitu, S (31), I (27 dan DS (37) yang berprofesi sebagai buruh bangunan.

Dijelaskannya, kejadian tersebut terjadi pada Jumat 22 Mei 2020. "Mereka ini mencuri dengan cara memanjat tembok pada dinding ruko tersebut," katanya, Senin (1/6/2020).

Selanjutnya, kejadian tersebut baru diketahui oleh karyawan ruko pada hari Selasa 26 Mei 2020. Saat itu, karyawan mendapati laci mejanya sudah terbuka lebar. "Laptop yang disimpanya telah hilang. Kemudian dilaporkannya ke Polsek Jambi Selatan," ungkap Putu.

Dari laporan itu, petugas langsung melakukan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP). Dan didapatkan dari hasil rekaman CCTV, petugas melihat tiga orang tengah melancarkan aksinya.

"Kita lakukan pengembangan dan didapatkan seorang pelaku atas nama S. Hasil dari introgasi S mengaku mencuri bersama dua orang temannya," tutur Kanit.

Tidak membuang waktu lama, petugas memburu kedua tersangka. Akhirnya, tersangka I dan DS dibekuk di tempat kerjanya, yaitu di perumahan Puri Mayang. "Karena I dan DS mencoba untuk melawan, tim terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur," tegasnya.

Baca Juga : Desa Wonocolo Sidoarjo Jadi Klaster Baru Penyebaran Corona

Dari pengakuan mereka, hasil curiannya untuk ongkos pulang kampung ke Medan. "Barang curiannya akan kami jual bang, untuk ongkos pulang kampung," ujar DS

Adapun barang bukti yang diamankan , 1 unit laptop merek Toshiba, 1 tas merek Neoshek, 1 buah parang ukuran 40 cm, 1 unit Flasdisk, 3 helai baju, 1 buah tas merek Polo.

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku tidak hanya ditahan di sel tahanan Polsek Jambi Selatan, tapi mereka diganjar Pasal 363 dengan ancaman pidana penjara selama 9 tahun.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini