36 Gubernur di Nigeria Umumkan Keadaan Darurat Atas Tingginya Kasus Perkosaan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 12 Juni 2020 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 18 2229006 36-gubernur-di-nigeria-umumkan-keadaan-darurat-atas-tingginya-kasus-perkosaan-hhy1iHXR2x.jpg Foto: BBC.

LAGOS – Beberapa gubernur di Nigeria telah menyatakan keadaan darurat karena tingginya pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di negara itu. Langkah itu diambil mengikuti lonjakan dalam kasus kekerasan berbasis gender selama penguncian (lockdown) yang diterapkan baru-baru ini di beberapa negara bagian untuk membatasi penyebaran virus corona.

Dalam sebuah pernyataan, 36 gubernur mengutuk keras semua bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak, dan mengatakan mereka "berkomitmen untuk memastikan bahwa para pelanggar menghadapi berat maksimal dari hukum".

Ketua forum gubernur, Kayode Fayemi, mengatakan mereka telah meminta polisi Nigeria untuk memberikan laporan rinci tentang tindakan yang diambil untuk memperkuat tanggapan mereka terhadap kekerasan seksual dan berbasis gender. Mereka juga berkomitmen untuk membuat daftar pelanggar seks di setiap negara bagian dan meningkatkan pendanaan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam dua pekan terakhir, protes telah diadakan di seluruh negeri dan melalui media sosial untuk menyerukan keadilan bagi korban perkosaan, demikian diwartakan BBC.

Jumlah penuntutan tersangka pemerkosaan yang berhasil tetap rendah dan stigma seringkali mencegah korban melaporkan insiden.

Hasil survei yang diterbitkan oleh NOIPolls pada Juli 2019 menunjukkan bahwa satu dari setiap tiga gadis yang tinggal di Nigeria dapat mengalami setidaknya satu bentuk kekerasan seksual pada saat mereka mencapai 25.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini