10 Fakta Pembakaran Mobil Mewah Pedangdut Via Vallen

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 30 Juni 2020 13:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 519 2238784 10-fakta-terbakarnya-mobil-mewah-pedangdut-via-vallen-AmmHrvUnQE.jpg Seorang pria tengah memperhatikan bangkai mobil Via Valen yagn hangus terbakar (foto: iNews/Yoyok)

SIDOARJO - Warga Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo dikejutkan dengan peristiwa kebakaran yang menimpa mobil milik pedangdut Maulidia Octavia atau yang akrab disapa Via Vallen.

Berikut sejumlah fakta - fakta yang dirangkum Okezone terkait peristiwa pembakaran mobil artis dangdut tersebut.

1. Jenis Mobil Mewah

Mobil berwarna putih milik Via Vallen merupakan jenis minibus Toyota Alphard dengan Nopol W 1 W. Berdasarkan penelusuran di website resmi Toyota Surabaya ditaksir mobil Via Vallen tersebut berharga Rp 1 miliar.

Mobil toyota Alphard tersebut bukanlah mobil Via Vallen satu - satunya, tercatat Via dan keluarganya memiliki beberapa mobil seperti Toyota Fortuner berwarna putih, Honda Jazz, dN Mitsubishi Xpander warna hitam.

2. Terbakar dan Sempat Terdengar Ledakan

Mobil milik Via Vallen yang terparkir di luar rumah ini terbakar pada Selasa 30 Juni 2020 dini hari sekitar pukul 03.20 WIB. Saat terbakar mobil ini terdengar suara ledakan keras dari mobil.

Guna memadamkan api yang membakar mobil pedangdut 28 tahun ini Dinas Pemadam Kebakaran Sidoarjo mengerahkan satu unit mobil damkar.

3. Mobil Hangus Terbakar, Rumah Selamat

Dalam video di Instagram resmi Via Vallen terlihat beberapa bagian mobil terbakar hangus, mulai bagian interior, atap, hingga bodi mobil bagian depan sampai belakang. Bahkan di bagian depan mobil hanya tersisa kerangnya saja.

Beruntung meski mobil terbakar habis, api tak sampai merambat ke rumah yang tepat berada di sampingnya.

"Blai selamet ya Allah, deloken ya rek omahku mburi. Alhamdulillah gak masuk rumah, cuma kenek mobilku tok (Syukur diberi selamat ya Allah, lihat itu rumahku dibelakangnya. Alhamdulillah gak terbakar rumahnya, cuma kena mobilku tok)," ucap Via Vallen dalam video yang ada Instagram-nya.

4. Mobil Terparkir di Luar Garasi Rumah

Mobil Toyota Alphard dengan Nopol W 1 W milik Via Vallen yang terbakar pada Selasa dini hari terparkir di luar pagar rumah. Mobil tersebut sengaja diparkir di depan garasi rumahnya lantaran sempat dipakai Via Vallen untuk membuat video klip.

"Semalam mobilnya di parkir di luar garasi karena dipakai buat video klip. Biasanya parkir di dalam garasi. Banyak mobil - mobil lain juga di parkir di depan garasi, tidak hanya mobil Via saja," ucap Rosa Ningrum, ibudan Via Vallen.

5. Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal

Kebakaran yang menimpa mobil milik Via Vallen diduga dilakukan oleh orang tak dikenal yang melintas sekitar mobil sebelumnya.

Hal ini diutarakan Via Vallen yang menyebut pelaku pembakaran mobilnya sempat tertangkap kamera CCTV. Tak butuh waktu lama polisi akhirnya mengamankan seorang terduga pembakar mobil.

"Mobil ini tadi dibakar sama orang, ada orang yang ke sini bawa bensin, tapi udah ketangkap sama CCTV," ungkap Via Vallen.

"Dan tersangkanya sudah di kantor polisi. Sing mbakar mobilku wis bungkus kantor polisi (Yang membakar mobilku sudah ditangkap di kantor polisi)," imbuh Via kembali dalam videonya.

Sementara itu Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung mengakui bila terduga pelaku dibekuk berdasarkan barang bukti rekaman kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi.

"Kami amankan barang bukti rekaman CCTV, jerigen, dan korek api dari terduga pelaku. Satu saksi kami amankan untuk penyelidikan. Kami akan mintai keterangan semua," ucapnya.

6. Pelaku Bukan Warga Sidoarjo

Saat diamankan dan diperiksa identitas KTP-nya, polisi menemukan fakta bahwa pelaku yang berinisial P, bukan warga Sidoarjo, melainkan warga Kelurahan warga Kelurahan Sei Putih Timur, Medan, namun kelahiran Jember.

7. Terduga Pelaku Sempat Ancam Via Vallen

Selain membakar mobil Toyota Alphard, terduga pelaku ternyata sempat menuliskan ancaman di tembok rumah Via Vallen.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengungkapkan ada dugaan beberapa tulisan yang tidak jelas yang ditulis pelaku yang berbau ancaman. "Nggak jelas tulisannya,di tembok rumah dari CCTV terlihat," ujar Sumardji kembali.

8. Pelaku Pembakaran Diduga Alami Gangguan Jiwa

Setelah diamankan polisi, terduga pelaku pembakaran mobil pedangdut Via Vallen diinterogasi di Mapolsek Tanggulangin. Dari hasil interogasi ini, polisi menduga pelaku mengalami gangguan jiwa.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menyebut dari keterangan yang diberikan pelaku saat diamankan tidak jelas. "Kalau pelakunya belum kita periksa karena orangnya ini pura - pura gila, ngomongnya ngelantur," ucap Sumardji.

9. Pelaku Susah Diajak Berkomunikasi

Saat dimintai keterangan oleh polisi, terduga pelaku pembakaran mobil pedangdut Via Vallen sulit diajak berkomunikasi. Beberapa kali pelaku tampak berbicara tidak jelas saat ditanya penyidik.

"Kita kesulitan memeriksa karena dia ngomongnya ngelantur. Saya tanya rumahnya dimana, nggak ngomong," ucap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji.

10. Terduga Pelaku akan Diperiksa Kejiwaannya

Dikarenakan sulit diajak berkomunikasi dan sering berbicara tidak jelas, terduga pelaku pembakaran mobil Via Vallen berinisial P akan dilakukan pemeriksaan kejiwaan oleh polisi.

"Ya tentu akan kita periksa kejiwaannya. Sementara kita diamankan dulu. Kita lihat perkembangan, kalau dia tenang baru kita mintai keterangan lagi," ucap Kombes Pol Sumardji kembali.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini