Mike Pompeo: UU Keamanan Hong Kong Adalah Penghinaan

Agregasi VOA, · Kamis 02 Juli 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 18 2240240 mike-pompeo-uu-keamanan-hong-kong-adalah-penghinaan-ZS5SJ6UH6x.jpg Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: Departemen Luar Negeri AS)

UNDANG-undang Keamanan yang diberlakukan oleh China di Hong Kong merupakan penghinaan kepada semua negara, hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo pada Rabu (1/7/2020). Dia mengatakan Washington mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri perizinan khusus bagi kawasan China itu.

“AS sangat prihatin dengan peraturan UU itu dan keselamatan dari semua orang di Hong Kong, termasuk warga Amerika,” kata Pompeo sebagaimana dilansir VOA.

Kongres Rakyat Nasional (NPC), badan legislatif China, memberlakukan UU keamanan untuk Hong Kong pada Selasa (30/6/2020), sehari sebelum peringatan ke-23 pengembalian Hong Kong kepada China.

UU itu menjatuhkan hukuman berat untuk kejahatan yang didefinisikan sebagai “kolusi dengan negara asing”. Kejahatan seperti merusak fasilitas umum bisa dianggap sebagai kegiatan teroris dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Analis hukum mengatakan, UU itu mengakhiri kebebasan politik yang selama ini memungkinkan penduduk Hong Kong mengungkapkan pandangan politik mereka dan mengubah kawasan itu menjadi sebuah pusat bisnis internasional.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini