Jebol Plafon Ruang Tahanan, 5 Napi Mapolsek Sukarami Kabur

Era Neizma Wedya, iNews · Kamis 09 Juli 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 610 2243661 jebol-plafon-ruang-tahanan-5-napi-mapolsek-sukarami-kabur-JONknZ0Qwp.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

PALEMBANG - Lima orang tahanan yang berada di Mapolsek Sukarami, Palembang, kabur. Mereka diketahui kabur setelah berhasil menjebol besi pada plafon ruang tahanan.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Supriadi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada Rabu 8 Juli 2020, sekira pukul 03.30 WIB. Mereka kabur setelah berhasil memotong besi bagian atas, lalu menjebol plafon ruang tahanan.

"Iya benar ada lima tahanan yang kabur, mereka merupakan tahanan kasus narkoba, pencurian, dan pencabulan," kata Supriadi, Kamis (9/7/2020).

Diketahui bahwa kelima tahan tersebut yakni, Asril (36), Hidayat Saleh (34), M Naufal Syakir (24), Johani (36), dan Ahmad Januar (22). Dikatakan Supriadi, saat ini dua di antaranya sudah berhasil kembali ditangkap.

"Dua sudah ditangkap kembali, yakni atas nama Naufal dan Ahmad Januar," katanya.

 Penjara

Selain itu, petugas juga mengamankan 3 orang lainnya yang berperan membantu pelarian para tahanan ini, yaitu Nvi Trianan, istri dari Ahmad Januar sekaligus orang yang berperan memasukan gergaji tersebut saat membesuk suaminya.

Kemudian, David sebagai orang yang menjemput tahanan saat kabur, dan Riski Bagas yang bertugas membeli gergaji besi tersebut. Saat ini ketiganya masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para tahanan itu memanfaatkan gergaji besi yang dimasukkan oleh istri Ahmad Januar untuk memotong besi di bagian atas ruang tahanan, lalu mereka menjebol plafon dan atap genting, kemudian kabur.

Ditambahkan Supriadi, para tahanan itu diduga memanfaatkan situasi kelengahan dari petugas jaga. Selain itu diduga karena jumlah tahanan yang ada di Mapolsek tersebut sudah melebihi kapasitas sehingga petugas tidak fokus untuk melakukan pengawasan.

"Iya total ada 66 tahanan di Mapolsek Sukarami itu," katanya.

Oleh karena itu, Supariadi juga mengimbau agar tiga tahanan yang masih kabur tersebut agar dapat menyerahkan diri, pihak keluarga pun juga diminta kooperatif untuk membantu petugas kepolisian.

"Kita imbau agar kooperatif dan segera menyerahkan diri, petugas tidak segan-segan akan melakukan tindakan tegas," pungkasnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini