Ibadah Haji Digelar Terbatas, Masuki Makkah Tanpa Izin Bisa Didenda Hingga Rp77 Juta

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 13 Juli 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 18 2245485 ibadah-haji-digelar-terbatas-masuki-makkah-tanpa-izin-bisa-didenda-hingga-rp77-juta-N4bz8ajYrZ.jpg Foto: AFP.

RIYADH - Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengonfirmasi akan menjatuhkan denda sebesar 10.000 riyal Saudi (sekira Rp38,5 juta) bagi orang-orang yang memasuki situs suci di Makkah tanpa izin selama musim haji mendatang, yang akan digelar dengan kapasitas terbatas karena pandemi virus corona.

Sebuah pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi mengatakan, denda itu akan mulai berlaku mulai 19 Juli hingga 2 Agustus dan dapat berlipat menjadi 20.000 riyal Saudi (sekira Rp77 juta) untuk pelanggaran berulang.

BACA JUGA: Arab Saudi Putuskan Ibadah Haji 2020 Tetap Berlangsung, Tapi...

“Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri meminta semua warga dan penduduk untuk mematuhi instruksi untuk musim haji tahun ini, menekankan bahwa petugas keamanan akan memulai tugas mereka di semua jalan dan jalur yang mengarah ke situs suci untuk mencegah pelanggaran dan mengontrol setiap upaya untuk memasuki area selama periode yang ditentukan,” demikian pernyataan dari kementerian dalam negeri yang dirilis pada Saudi Press Agency (SPA).

Arab Saudi akan memperbolehkan ziarah haji terbatas tahun ini karena risiko pandemi virus corona yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Arab Saudi Berikan 70% Kuota Khusus Haji untuk Ekspatriat

Pihak berwenang mengonfirmasi bahwa mereka telah membatasi jumlah jamaah haji tahun ini menjadi 10.000 sesuai dengan masalah keamanan terkait pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung. Tahun lalu, 2,5 juta jemaah haji melakukan ibadah haji ke Makkah dan Madinah.

Batas waktu untuk peziarah non-Arab Saudi yang ingin melakukan ibadah haji Islam tahun ini berlalu pada Jumat (10/7/2020).

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini