Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Rayakan Idul Adha Hari Ini

Rus Akbar, Okezone · Kamis 30 Juli 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 340 2254337 jamaah-tarekat-naqsabandiyah-sumbar-rayakan-idul-adha-hari-ini-qZmEc07Mys.jpg foto: Okezone

PADANG - Gema takbir dari Masjid Baitul Makmur yang terletak di Kelurahan Binuang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat bertanda bahwa hari ini pengikut Naqsabandiyah sudah merayakan Idul Adha pada hari ini Kamis (30/7/2020).

Sebelum melakukan sholat id sekira pukul 07.00 WIB, masjid tersebut sudah mengumandangkan takbir, tahlil, tahmid bersama.

Erizon Refindo, Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah menuturkan, penetapan sholat Idul Adha sudah berdasarkan perhitungan jauh hari.

"Kita melakukan perhitungan menurut kalender hisab rukyat, kapan kita melaksanakan awal 1 Ramadhan maka 10 Dzulhijjah akan jatuh pada hari yang sama. Kami memulai awal Ramadhan pada hari Kamis, maka Kamis juga hari raya idul adha," ujarnya kepada Okezone.

Selain penetapan tanggal jatuhnya Idul Adha, kata Erizon, mereka juga melaksanakan rapat dalam penentuan hari-hari besar Islam. "Kita rapat di Surau Baru lalu ditetapkan, perhitungannya begitu," ujarnya.

Tarekat Naqsabandiyah seperti biasa dalam menentukan jatuhnya bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha selalu lebih cepat satu sampai dua hari dari umat Islam pada umumnya. Untuk tahun ini jamaah tarekat naqsabandiyah ini memotong tiga ekor sapi sumbangan dari warga.

“Nanti dagingnya akan dibagi-bagi kepada jemaah, kalau berlebih kita bagi juga untuk warga sekitar disini meski tidak jamaah kita, kemudian akan disisihkan untuk makan bersama disini,” pungkasnya.

(fmi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini