Menabung Sejak SD, Dua Anak Sumbangkan Sapi Kurban ke Pondok Pesantren

Edi Prayitno, iNews · Minggu 02 Agustus 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 512 2255677 menabung-sejak-sd-dua-anak-sumbangkan-sapi-kurban-ke-pondok-pesantren-JgNz9c33g6.jpg

SETELAH mengumpulkan uang saku dan hadiah sejak sekolah dasar (SD) dua anak di Kendal, Jawa Tengah akhirnya berhasil menyumbangkan sapi kurban ke pondok pesantren. Sapi yang dibeli dari hasil pengumpulan uang saku itu diantarkan sendiri ke pondok pesantren oleh kedua anak yang berharap setiap tahun bisa terus berkurban.

Kee Abyansyah Sitepu dan Calanta Rafanda Sitepu, anak dari Bupati Kendal Mirna Annisa, mengantarkan sendiri sapi kurban mereka ke pondok pesantren di daerah Pegandon dan Ngampel, Kendal, Jawa Tengah. Sapi itu dibeli dari uang tabungan yang mereka kumpulkan dengan mengurangi uang jajannya sejak sekolah dasar.

Dengan dibantu seorang ajudan, kedua anak itu mengantarkan sapi-sapi tersebut ke dua pondok pesantren dengan menggunakan truk. Sapi-sapi tersebut kemudian diserahkan langsung kepada pengasuh pondok pesantren Wasilatul Huda.

Menurut Kee, keinginan membeli hewan kurban muncul saat dirinya duduk di bangku kelas sembilan sekolah menengah pertama (SMP). Dia lebih giat menabung bahkan uang hadiah dari orang tuanya jika mendapatkan nilai bagus juga ditabung.

Sapi yang dia beli diberikan untuk Pondok Pesantren Wasilatul Huda dan satu ekor lainnya diberikan ke Pondok Pesantren Huffadzil Quran An-nur, Pamriyan, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal.

“Kita kan sering dikasih kalau dapat nilai bagus atau ada acara apa, nah dari pada ada uang segitu dipakai untuk apa juga bingung. Sekali-sekali lah, momennya juga pas waktu Idul Adha,” kata Kee yang menyumbangkan sapi kurban itu atas nama orangtuanya.

“Saya berpikir sebagai anak kan belum kerja belum memiliki penghasilan semua uang saya dari orang tua jadi saya mengembalikan,” ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Ponpes Huffadzil Quran An-Nur, Ulil Abshor merasa terharu dengan yang dilakukan oleh Kee yang ingin membanggakan kedua orang tuanya dengan cara memberikan kurban. Dia berharap apa yang dilakukan Kee bisa menjadi contoh bagi anak-anak muda lainnya, yaitu memanfaatkan uang tabungan miliknya untuk kebaikan.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini