Korea Selatan Dikepung Banjir dan Longsor Usai Hujan Lebat Berhari-hari

Agregasi VOA, · Jum'at 07 Agustus 2020 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 18 2258281 korea-selatan-dikepung-banjir-dan-longsor-usai-hujan-lebat-berhari-hari-ZGKnSr8lDr.jpg ilustrasi

HUJAN lebat berhari-hari mengguyur Korea Selatan, menutup beberapa ruas jalan raya, kata para pejabat. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan banjir - sesuatu yang jarang dilakukan – pada hari Kamis, di dekat sebuah jembatan penting di kota Seoul.

Kantor Pengendalian Banjir Sungai Han menyatakan peringatannya yang dikeluarkan untuk daerah di dekat salah satu jembatannya itu adalah yang pertama dilakukan sejak 2011.

Kantor berita Yonhap melaporkan Sungai Han mencapai rekor ketinggian permukaan, 11,3 meter, menenggelamkan Jembatan Jamsu yang menghubungkan bagian-bagian selatan dan utara Seoul.

Sungai yang meluap airnya juga memaksa kantor pengendalian banjir untuk menutup akses ke jalan-jalan di pinggir sungai di kawasan Yeouido, Seoul, dan daerah-daerah lainnya. Para pejabat menyatakan taman-taman di pinggir sungai juga kebanjiran.

Hujan berhenti di dekat jembatan Sungai Han itu pada Kamis malam, tetapi peringatan banjir masih berlaku, sebut kantor tersebut.

Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan menyatakan tanah longsor dan banjir menewaskan 16 orang, menyebabkan 11 orang hilang, dan sedikitnya 1.600 orang mengungsi dari rumah mereka.

Yonhap melaporkan di provinsi-provinsi yang paling terpukul, lebih dari 5.000 rumah dan fasilitas dikabarkan kebanjiran atau rusak. Lebih dari 8.000 hektare lahan pertanian juga digenangi air.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini