Share

Terbitkan Edaran, Pemkot Surabaya Imbau Warga Tak Gelar Lomba HUT Ke-75 RI

Hartam, iNews · Selasa 11 Agustus 2020 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 519 2260128 terbitkan-edaran-pemkot-surabaya-imbau-warga-tak-gelar-lomba-hut-ke-75-ri-GSU97OQQLd.jpg Irvan Widiyanto, Wakil Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surabaya (Foto: Hartam)

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pada Senin 10 Agustus 2020 mengeluarkan surat edaran berupa imbauan agar warga Surabaya tidak menggelar lomba 17 Agustusan dan malam tasyakuran di tengah pandemi Covid-19.

Warga Surabaya diimbau untuk tidak menggelar malam tasyakuran karena identik dengan makan bersama, sehingga rentan terjadi penularan Covid-19. Surat edaran ini telah disampaikan kepada seluruh camat di Surabaya untuk segera disosialisasikan kepada warga di wilayah kecamatan masing-masing.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, Puluhan Warga Terbangkan Layang-Layang Raksasa 

Sebelum dikeluarkannya surat imbauan agar warga tidak menggelar lomba 17 Agustusan dan malam tasyakuran ini sudah melalui pembahasan bersama para pakar. Muladi dari Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia atau Persakmi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan pakar sosiolog Unair.

"Kita minta pendapat dari perhitungan risiko yang dilakukan FKM dan Persakmi, kegiatan lomba dan tasyakuran cukup berisiko karena tasyakuran untuk malam 17 Agustusan yang pasti berkumpul dan makan makan ketika makan buka masker," ujar Irvan Widiyanto, Wakil Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surabaya.

Baca Juga: Istana Imbau di Spanduk HUT ke-75 RI Tak Ada Foto Presiden Jokowi

Menurut Irvan, surat ini bentuknya imbauan mengingatkan ke masyarakat bukan pelarangan. Sehingga dikembalikan kepada masyarkat untuk acara tersebut mengingat hal tersebut merupakan tradisi atau kebudayaan. Namun, alangkah baiknya kalau diganti dengan kegiatan lain mengingat dari risikonya.

Sementara untuk gelaran upacara bendera masih direkomendasikan asalkan menerapkan protokol kesehatan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini