Elf yang Kecelakaan di Cipali Diduga Travel Bodong, Pemilik Bisa Jadi Tersangka

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 525 2260570 kasus-kecelakaan-maut-di-tol-cipali-pemilik-bus-elf-bisa-jadi-tersangka-CJLb5SYRMW.jpg Polisi saat menangani kecelakaan maut di Tol Cipali pada Senin lalu. Foto: Istimewa

CIREBON - Micro Bus Elf bernomor polisi (nopol) D7013AN yang terlibat kecelakaan maut di Tol Cipali KM 184 pada Senin lalu, diduga merupakan travel bodong. Atas dasar itu, pihak kepolisian langsung menerjunkan tim untuk mengecek dan memeriksa pemilik kendaraan tersebut.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi menyebut, pemilik atau pengelola Micro Bus Elf bisa saja ditetapkan sebagai tersangka. Sebab, ada dugaan kuat yang mengarah pemilik Micro menyalahi aturan.

Ia menjelaskan, bila kendaraan Micro Bus Elf itu adalah angkutan umum yang mengangkut penumpang, maka seharusnya kendaraan tersebut memakai plat nomor berwarna kuning, bukan hitam. Ia menilai, hal tersebut sudah melanggar aturan izin trayek kendaraan angkutan umum.

"Kalau dalam Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan pengemudi bisa dikenakan pasal 310. Kemudian apabila ada indikasi keterlibatan pengusaha angkutan, kita kenakan pasal 315," kata Syahduddi saat ditemui Okezone di RS Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020) sore.

Baca Juga: Luka di Kepala, Satu Korban Kecelakaan Maut Cipali Belum Sadarkan Diri

Kendati demikian, sambung Syahduddi, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut soal dugaan itu.

"Faktanya mobil itu platnya hitam. Harusnya kalau dia mengangkut penumpang, platnya kuning," ujar dia.

Kasus kecelakaan maut di Jalan Tol Cipali KM 184 yang melibatkan Micro Bus Elf ini, tambah dia, sudah dinaikan dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan. Hal itu untuk mencari fakta-fakta baru terkait kecelakaan tersebut.

Polisi yang bekerja sama dengan instansi terkait sedang melakukan uji kelaiakan terhadap kendaraan Micro Bus Elf tersebut.

Baca Juga: Jasa Raharja Santuni Korban Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Berapa Nominalnya? 

Hingga saat ini, berdasarkan keterangan dari salah satu korban, sopir Micro Bus Elf itu diduga mengemudikan dengan kecepatan tinggi ketika melintas di Jalan Tol Cipali. "Sopir itu langsung meninggal dunia di lokasi kejadian," pungkasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini