Mantan Presiden Meksiko Pena Nieto Diselidiki Atas Tuduhan Korupsi

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 12 Agustus 2020 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 18 2261166 mantan-presiden-meksiko-pena-nieto-diselidiki-atas-tuduhan-korupsi-86rZrcHqwF.jpg Mantan Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Jaksa di Meksiko telah membuka penyelidikan korupsi terhadap mantan Presiden Enrique Peña Nieto. Penyelidikan itu digelar setelah Emilio Lozoya, mantan kepala perusahaan energi negara, menuduh Peña Nieto menerima suap jutaan dolar dan menyuap anggota parlemen.

Lozoya diekstradisi dari Spanyol bulan lalu untuk diadili atas tuduhan korupsi terkait dengan raksasa konstruksi Brasil Odebrecht. Dia adalah mantan pejabat tinggi selama kampanye Peña Nieto pada 2012, dan kepala raksasa minyak milik negara Pemex dari 2012 hingga 2016.

Lozoya adalah salah satu tokoh paling kuat di Meksiko ketika dia menjadi penasihat presiden.

BACA JUGA: Mantan Presiden Meksiko Diselidiki Terkait Kasus Korupsi Pejabat Perusahaan Minyak

Dia mengatakan Mr Peña Nieto dan mantan Menteri Keuangan Luis Videgaray telah memerintahkan dia untuk menyalurkan lebih dari USD4 juta suap dari Odebrecht ke dalam kampanye pemilihan presiden 2012.

Dalam tuduhan kedua, Lozoya mengatakan bahwa setelah berkuasa Peña Nieto dan Videgaray menggunakan jumlah yang sama untuk menyuap anggota parlemen untuk memastikan pengesahan RUU reformasi energi yang penting melalui parlemen.

Lozoya mengatakan dia bisa membawa empat saksi, serta video dan dokumen lain untuk mendukung tuduhannya, demikian diwartakan BBC.

BACA JUGA: Sepupu Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto Ditembak Mati

Baik Peña Nieto maupun Videgaray tidak mengomentari tuduhan spesifik terhadap mereka dan mereka tidak dituntut dengan tuduhan apapun.

Sejauh ini Peña Nieto, yang menjabat pada 2012-18, sejauh ini tidak memberikan komentar.

Namun, Jaksa Agung Meksiko Alejandro Gertz menganggap kesaksian Lozoya cukup penting untuk melakukan penyelidikan atas masalah tersebut.

Tahun lalu, seorang saksi mata yang bersaksi di pengadilan AS terhadap gembong kartel narkoba Meksiko Joaquín "El Chapo" Guzmán mengatakan bahwa Peña Nieto telah menerima suap sebesar $ 100 juta (£ 77 juta) dari mafia.

Mantan presiden itu juga tidak berkomentar atas tuduhan itu, namun sebelumnya dia membantah tuduhan korupsi.

Menurut laporan BBC, di masa lalu, tidak ada mantan presiden di Meksiko yang dipenjara meskipun pemerintah berturut-turut dicemari oleh korupsi yang meluas.

Presiden petahana Andrés Manuel López Obrador sebelumnya mengatakan dia tidak mendukung untuk mengajukan tuntutan terhadap pendahulunya, tetapi akan menunda keputusan yang diambil oleh jaksa agung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini