Ini Pria Pemilik Senpi Dalang Dibalik Pelarian Tahanan BNN

Azhari Sultan, Okezone · Selasa 25 Agustus 2020 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 340 2266926 ini-pria-pemilik-senpi-dalang-dibalik-pelarian-tahanan-bnn-YeKJsjxT8t.jpg Tahanan BNNP Kota Jambi (foto: Okezone.com/Azhari)

JAMBI - Sebanyak sembilan orang tahanan yang melarikan diri dari sel tahanan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi, ternyata tidak serta merta kabur begitu saja.

Pasalnya, pelarian nekat mereka didalangi seorang tersangka yang bernama Rudi Suhardak (35), warga Batanghari, yang ditangkap Senin 10 Agustus 2020 lalu di kawasan Pulau Pandan, Kota Jambi. Beruntung, dua orang pelaku gagal kabur lantaran keburu ditangkap lagi oleh petugas.

Kepala BNNP Jambi, Dwi Irianto membenarkan hal tersebut. "Otak dari pelarian tersebut ada satu orang, yaitu Rudi Suhardak," kata Dwi, Selasa (25/8/2020).

 Baca juga: Bobol Genteng, 9 Tahanan BNN Kabur

Saat diamankan, tersangka Rudi tidak hanya kedapatan membawa narkotika jenis sabu, tapi memiliki senjata api (senpi) jenis revolver beserta amunisi 11 butir. Bahkan, akibat melawan petugas saat melarikan diri, petugas terpaksa memberi hadiah timah panas.

Ironisnya, meski dengan kedua kaki terluka, Rudi Suhardak tidak jera. Bahkan, dia yang menjadi otak dari perencanaan pelarian rekannya. Selanjutnya, Dwi Irianto berharap semua tersangka yang melarikan diri bisa menyerahkan diri.

"Saya meminta semua yang nekat melarikan diri segera menyerahkan diri. Bagi yang mengetahui keberadaan mereka, agar melaporkan ke petugas," harapnya.

Sebelumnya, Kepala BNNP Jambi Brigjen Pol Dwi Irianto kepada sejumlah media mengakui adanya tahanan kabur tersebut.

“Benar, ada 9 orang tahanan yang kabur, tapi ada dua pelaku sudah kita amankan,” ujarnya.

Dari hasil TKP, para tahanan kabur tersebut dengan membobol sel tahanan bagian atas.

"Mereka membobol genteng dan melompat kebagian samping kantor BNNP Jambi," ungkapnya.

Dwi juga menambahkan, saat ini petugas sedang memburu pelaku tahanan yang kabur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini