Kapal Mati Mesin dan Terombang-Ambing 4 Jam di Laut Buton, Seluruh Penumpang Selamat

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 27 Agustus 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 340 2268165 kapal-mati-mesin-dan-terombang-ambing-4-jam-di-laut-buton-seluruh-penumpang-selamat-v9op73V7qF.jpg KM Aksar Putra 02 yang terombang-ambing di laut dibawa merapat ke dermaga Pelabuhan Rakyat Batu, Kota Bau-bau, Kamis (27/8/2020) dini hari. (Foto : iNews/Andhy Eba)

BAUBAU – KM Aksar Putra 02 mengalami mati mesin di perairan Buton saat dalam perjalanan dari Pulau Kaledupa, Wakatobi menuju Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (26/8/2020). Para penumpang pun panik lantaran kapal itu terombang-ambing selama 4 jam di laut. Beruntung peristiwa ini tak menimbulkan korban, baik luka maupun jiwa.

Puluhan penumpang dan anak buah kapal (ABK) dievakuasi tim SAR dari Basarnas Kendari menuju dermaga Pelabuhan Rakyat Batu, Kota Baubau pada Kamis (27/8/2020) dini hari.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, setelah mendapat laporan KM Aksar Putra mati mesin di tengah laut pada Rabu (26/8/2020) malam, tim SAR diterjunkan untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Sekira pukul 22.00 Wita, tim SAR menemukan KM Aksar Putra 02 dengan kondisi seluruh penumpang selamat. "Kapal tersebut mengalami mati mesin saat tengah melakukan pelayaran di Perairan Buton Selatan berjarak sekitar 17 mil dari Pelabuhan Kota Baubau. Kapal tersebut terombang-ambing kurang lebih empat jam," kata Aris.

Ia mengemukakan, lantaran kapasitas kapal rescue tak cukup untuk mengevakuasi seluruh penumpang, hanya sebagian yang bisa dibawa ke dermaga Pelabuhan Rakyat Batu, Kota Baubau.

Baca Juga : Kapal Nelayan Berpenumpang 40 Wisatawan Mati Mesin di Laut

"Sebagian penumpang dinaikkan ke kapal SAR dan sebagian lagi tinggal di KM aksar Putra 02, menunggu kapal lain untuk menarik kapal tersebut ke dermaga," ujar Aris.

Sekitar pukul 01.00 Wita, tutur Aris, KM Aksar Putra 02 tiba di Pelabuhan Rakyat Batu, Kota Baubau. Seluruh penumpang kapal selamat.

Baca Juga : Kapal Ditemukan Mati Mesin di Perairan Pangandaran, 3 Nelayan Selamat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini