Sebelum Viral Bermesraan dengan Perempuan, Sekda Bondowoso Tersangka Kasus Ancaman Kekerasan

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 27 Agustus 2020 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 519 2268682 sebelum-viral-bermesraan-dengan-perempuan-sekda-bondowoso-jadi-tersangka-kasus-ancaman-kekerasan-qWGzAgU9FG.png Tangkapan layar percakapan Sekda Bondowoso dengan seorang perempuan (Foto : iNews)

BONDOWOSO – Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso Syaifullah yang viral lantaran percakapan mesra dengan seorang perempuan telah dibebastugaskan . Hal ini lantaran Syaifullah terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka kasus ancaman kekerasan kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso Alun Taufana yang menjeratnya beberapa bulan lalu.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur nomor 700/163/1637/068/2020, Syaifullah resmi dibebastugaskan lantaran harus menjalani pemeriksaan akibat kasus ancaman kekerasan yang menjeratnya.

Wakil Bupati Bondowoso Irean Bactiar Rachmat memaparkan pembebastugasan Syaifullah sebagai Sekda Bondowoso sudah berlaku sejak Kamis ini (27/8/2020).

"Surat pembebastugasan sekda memang terhitung sejak hari ini,” ucap Irean saat dikonfirmasi, Kamis sore.

Namun Irean mengaku pembebastugasan Sekda Bondowoso bukan lantaran terkait kasus hukum, melainkan diklaim ada pelanggaran berat sesuai kode edik yang diatur dalam peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Inspektorat provinsi melakukan pemeriksaan ke saudara Syaifullah, agendanya hari ini tadi, hasilnya nanti kita tunggu saja. Saat ini sementara dia bukan sekda lagi,” bebernya.

Tangkapan layar percakapan Sekda Bondowoso

Baca Juga : Beredar Percakapan Mesra di WA Diduga Sekda Bondowoso dengan PNS Dokter

Syaifullah sendiri sebelumnya memberikan ancaman kekerasan dan akan membunuh Kepala Bondowoso Alun Taufana. Polres Bondowoso sendiri telah menetapkan tersangka sang sekda sejak pertengahan Juni. Berkas perkara Syaifullah sendiri tengah dilimpahkan ke Kejaksaan

Syaifullah disangkakan melanggar Pasal 45B UU No 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Serta Pasal 45 ayat 3 juncto Pasal 29 UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE, juncto Pasal 335 KUHP.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini