Ribuan Tomcat Resahkan Warga, BPBD Indramayu Turun Tangan

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 02 September 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 525 2271404 ribuan-tomcat-resahkan-warga-bpbd-indramayu-turun-tangan-fLveT2sj6S.jpg BPBD Indramayu turun tangan atasi tomcat yang meresahkan warga (Foto : BPBD Indramayu)

INDRAMAYU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu langsung bergerak cepat melakukan tindakan pencegahan, terkait adanya serangan ribuan tomcat yang meresahkan warga Desa Pabean Udik, Blok Song, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi mengatakan, jajarannya telah melakukan pemyemprotan cairan klorin ketika tomcat-tomcat itu muncul di pemukiman warga. Penyemprotan dilakukan secara menyeluruh di sejumlah titik di Blok Song.

Dodi mengatakan, pihaknya akan menganalisa bahan apa yang cocok untuk mengusir tomcat-tomcat itu. "Kita juga mencoba memakai bahan apa selain pakai klorin yang bisa mengusir tomcat," kata Dodi, Rabu (2/9/2020).

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesahatan Indramayu, Deden Bonni Koswara menyebutkan, sampai saat ini sudah ada 11 warga di Desa Pabean Udik yang menjadi korban dari serangan tomcat. Pihaknya juga masih mengkaji penyebab mengapa binatang itu bisa muncul di pemukiman warga.

"Dinkes sudah mengantisipasi, koordinasi dengan puskesmas dan lainnya. Hasil temuan kami ada 11, ini temuan tim epidemiologi," ujar Deden.

Baca Juga : Belum Selesai Pandemi Covid-19, Warga Indramayu Diserang Ribuan Tomcat

Baca Juga : Gubernur Anies Akan Larang Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri

Deden mengimbau, agar warga selalu berhati-hati terhadap serangan tomcat. Bila sudah terkena gigitan, ia menyarankan supaya warga tidak memencet tubuh binatang itu.

Ia menilai, meski tidak membahayakan, gigitan dari tomcat bisa menimbulkan rasa perih seperti luka bakar. "Tindakan yang harus segera dilakukan adalah mencuci bekas gigitan dengan air dan sabun lalu lakukan kompres dingin untuk menghindari rasa terbakar pada kulit," ucap dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini