Tomcat Serang Ratusan Warga di Cilacap

Heri Susanto, Sindo TV · Senin 15 Desember 2014 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 15 340 1079587 tomcat-serang-ratusan-warga-di-cilacap-hxUsLcO2iq.jpg Tomcat Serang Ratusan Warga di Cilacap (ilustrasi)

CILACAP - Binatang Tomcat mulai menyerang ratusan warga di Cilacap, Jawa Tengah. Serangan racun ini mengakibatkan kulit korban melepuh hingga sekujur tubuh.

Warga Desa Kedawung, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, harus berjibaku membasmi serangga tomcat, Senin (15/12/2014).

San Markum, salah seorang warga, mengaku, kulit di kedua kakinya melepuh hingga mengakibatkan ia sulit berjalan. Luka yang berada di kedua kakinya tersebut terasa panas dan perih.

Di desanya, ratusan orang telah tererang serangga Tomcat sejak dua pekan yang lalu. Warga mengaku, awalnya kulit yang terkena racun serangga Tomcat ini terasa gatal dan terdapat bintik merah.

Saat digaruk menimbulkan luka dan melepuh yang diikuti rasa panas dingin pada tubuh. Tak hanya itu, racun serangga Tomcat dengan cepat menjalar ke seluruh tubuh.

Sementara itu, puskesmas setempat menggelar pengobatan masal bagi warga yang terkena serangan Tomcat. Warga yang berobat umumnya sudah terkena cukup parah yakni melepuh pada seluruh tubuh.

Dokter Panji Prabowo, dokter puskesmas setempat, mengatakan, pihaknya sudah memberi pengobatan dengan berupa pengurang mengurangi rasa sakit dan salep.

Berdasarkan data pihaknya, sejak serangan Tomcat di wilayahnya sudah 500 warga yang terserang racun serangga tersebut. Setelah mendapatkan penanganan medis dari dinas kesehatan, kini terdapat sekira seratus warga yang masih terserang serangga.

Dirinya mengimbau, agar warga menutup ventilasi jendela dan pintu agar serangga Tomcat tidak masuk ke dalam rumah. Hal ini dilakukan karena serangga tomcat senang dengan cahaya terang lampu sehingga penyebaran serangan racun serangga Tomcat dapat diatasi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini