Polda Kalsel Gandeng TNI Disiplinkan Protokol Kesehatan Jelang Pilkada 2020

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 10 September 2020 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 340 2275722 polda-kalsel-gandeng-tni-disiplinkan-protokol-kesehatan-jelang-pilkada-2020-VvuRIavbWR.jpg Polda Kalsel gandeng TNI guna disiplinkan masyarakat dalam jalankan protokol kesehatan jelang Pilkada 2020 (Foto : Dok. Polda Kalsel)

JAKARTA - Jajaran Polda Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) siap bersinergi dengan TNI untuk mengamankan Pilkada 2020. Khususnya, menegakkan pendisiplinan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada serentak.

Polda Kalsel sendiri telah menyiagakan 1.100 pasukannya untuk mengamankan jalannya Pilkada 2020. Sedangkan TNI, menerjunkan 231 personil. Polda Kalsel akan bersinergi dengan TNI juga dalam memelihara Keamanan dan Ketertiban Nasional (Kamtibnas).

"Polda Kalsel akan berusaha menjalin kerjasama dan kemitraan secara sinergis dengan pemerintah daerah, TNI, stake holder dan seluruh elemen masyarakat. Karena itu Polda Kalsel memberikan penghargaan kepada panglima sebagai Komandan Kehormatan Harkamtibmas," kata Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta melalui keterangan resminya, Kamis (10/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Nico Afinta juga memberikan penghargaan berupa penyematan Baret Bintang 2, tongkat komando serta piagam Komandan Kehormatan Harkamtibmas kepada Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto.

Mayjen TNI Heri Wiranto dan jajarannya sengaja menyambangi Mapolda Kalsel untuk bertemu dengan Nico. Nico mengaku bangga kepada Heri Wiranto yang disela kesibukannya dapat berkunjung ke Mapolda Kalsel.

Nico menjelaskan bahwa peran polisi tidak dapat berdiri sendiri untuk memelihara kamtibmas. Oleh karena itu, perlu sinergitas TNI-Polri seperti yang terjalin selama ini.

Di sisi lain, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menyampaikan akam memakai baret (penghargaan) secara terus-menerus karena merupakan suatu kehormatan yang luar biasa.

"Sepanjang 32 tahun saya berdinas, saya baru bisa memakai baret ini dan disematkan langsung oleh Bapak Kapolda," kata Heri.

Baca juga : Kasus Kebakaran Gedung Kejagung, Polisi Sudah Periksa 128 Saksi

Baca Juga : Sabu dan Ekstasi Senilai Rp11,8 Miliar Dimusnahkan

Dikatakan kehadirannya di Mapolda Kalimantan Selatan untuk bisa bersilaturahmi dan membangun sinergitas, membangun hubungan yang terjalin dengan baik dan selalu bersinergi dalam setiap kegiatan.

"Bangsa ini sangat rentan dengan berbagai permasalahan yang ada di wilayah negara kita, oleh karenanya TNI-Polri harus sama-sama menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah," tutur Pangdam.

Pangdam berharap agar Sinergitas Tanpa Batas TNI Polri dalam membangun wilayah Kalimantan Selatan yang kondusif aman dapat terus dipelihara.

Nico menjelaskan ada sejumlah program prioritas yang tengah diemban Polda Kalsel selain mengamankan Pilkada. Diantaranya yakni, terkait penanganan Covid-19 serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Terkait penanganan covid 19 Polda Kalsel telah mengambil 5 langkah strategis yaitu penambahan alat uji PCR, penambahan rumah isolasi mandiri dan kapasitas rumah sakit, peningkatan jumlah Kampung Tanggung Banua, melakukan operasi penegakan disiplin dan efesiensi anggaran," ujarnya.

Sedangkan terkait penanggulangan karhutla, lanjut Nico, strategi yang dilaksanakan yaitu giat preemtif berupa penyebaran maklumat Kapolda Kalsel, pemasangan spanduk, himbauan, sosialisasi ke tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat tentang bahaya karhulta.

"Dalam giat preventif kami selalu menggandeng unsur TNI untuk melaksakanan patroli dialogis hingga pelosok desa untuk meminimalisir kebiasaan masyarakat yang kerap membakar lahan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini