Warga Serahkan Senpi ke Personel TNI Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 11 September 2020 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 340 2276427 warga-serahan-senpi-ke-personel-tni-perbatasan-indonesia-timor-leste-lbFZy6IPh9.jpg Warga serahkan senpi miliknya ke petugas jaga pos perbatasan Indonesia-Timor Leste (Foto : TNI AD)

JAKARTA - Satuan Tugas Pengaman Perbatasan Indonesia-Timor Leste (Satgas Pamtas RI-RDTL) Yonarmed 3/105 Tarik kembali menerima dua pucuk senjata api jenis Springfield. Senjata api tersebut diserahkan oleh warga setempat.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim menuturkan, banyaknya warga yang memberikan senjata api yang dimilikinya dikarenakan para personel melakukan komunikasi dengan warga dan tokoh masyarakat. Selain itu, petugas juga kerap membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

"Dengan melaksanakan anjangsana, pendekatan yang terus menerus pada masyarakat perbatasan, maka terciptalah hubungan yang harmonis antar kedua belah pihak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).

"Selain melaksanakan tugas pokok menjaga perbatasan, kehadiran Satgas Yonarmed 3/105 Tarik juga bertujuan untuk melakukan pendekatan pada masyarakat perbatasan, terlebih menjadikan mereka seperti keluarga sehingga dengan begitu kerawanan-kerawanan yang timbul dapat kita cegah," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, penyerahan senjata dilakukan oleh warga berinisial TM (47) yang merupakan warga Dusun Metamauk, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka kepada. Menurutnya, Sertu Chandra yang telah dianggap anak sendiri oleh TM.

"Sudah lama senjata ini disimpan oleh keluarga tersebut sebagai peninggalan turun-temurun yang diwariskan, dan keluarga tersebut tidak tahu harus menyerahkan kapada siapa, yang pada akhirnya Bapak TM menyampaikan keinginannya untuk menyerahkan senjatanya kepada Satgas," ujarnya

Baca Juga : Anies Ungkap Alasan Terapkan PSBB Total di Jakarta

Baca Juga : Mengenang 1 Tahun Wafatnya BJ Habibie

Di tempat lain, hal serupa juga dilaksanakan di Pos Ailala, yaitu berupa penyerahan satu pucuk senjata Springfield oleh warga berinisial FB (75) warga Dusun Lakuran, Desa Alas Utara Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka. Springdield tersebut diserahkan kepada Danpos Ailala Letda Arm Andri Eko.

"Dari hasil temuan yang didapat, seluruh senjata yang diserahkan oleh warga, dibawa ke Mako Satgas untuk didata dan dilaporkan ke komando atas," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini