Pendeta Tewas Ditembak KKB di Intan Jaya Papua

Riezky Maulana, iNews · Minggu 20 September 2020 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 340 2280851 pendeta-tewas-ditembak-kkb-di-intan-jaya-papua-IyXM44skzd.jpg Ilustrasi jenazah. (Shutterstock)

JAKARTA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali berulah. Kali ini, pendeta Yeremia Zanambani meninggal dunia karena ditembak KKB di Hitadipa, Intan Jaya, Papua.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel CZI IGN Suriastawa menuturkan, gerombolan KKB juga menyebarkan fitnah dengan mengatakan TNI merupakan pelaku penembakan.

"Seperti yang telah saya sampaikan, mereka sedang mencari momen menarik perhatian di Sidang Umum PBB akhir bulan ini. Inilah yang saya khawatirkan bahwa rangkaian kejadian beberapa hari ini adalah settingan mereka yang kemudian diputarbalikkan bahwa TNI menembak pendeta," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (20/9/2020).

Dia pun mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan sebaran fitnah gerombolan mereka, khususnya dilakukan melalui media sosial. Sejak Minggu (20/9/2020) pagi, tiga akun mulai menyebarkan berita bohong dengan memutarbalikkan fakta.

"Fitnah mereka di media sosial, jelas sudah setingan dan rekayasa untuk menghasut masyarakat sekaligus menyudutkan TNI-Polri dan pemerintah menjelang sidang utama," tuturnya.

Dia memastikan, TNI membantu Polri bertugas melindungi masyarakat dari kebiadaban KKB seperti yang telah dilakukan dalam 1 minggu terakhir.

Baca Juga : Karyawan Pabrik Batako di Yahukimo Tewas Usai Dihujani Panah dan Kapak oleh OTK

"Kejadian ini menambah daftar Panjang korban keganasan KKSB Papua yang sedang mencari perhatian menjelang Sidang Umum PBB tanggal 22-29 September," katanya.

Baca Juga : Tabrak Polwan Hingga Tewas, Wakil Bupati Yalimo Papua Langsung Ditahan Polisi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini