Peras Warga untuk Tebus Obat, Polisi Gadungan Ini Ditangkap

Kuntadi, Koran SI · Selasa 22 September 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 510 2281510 peras-warga-untuk-tebus-obat-polisi-gadungan-ini-ditangkap-7rzxp6tqIS.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

YOGYAKARTA - Mengaku sebagai seorang anggota polisi, warga Umbulharjo, Yogyakarta, AP (28), melakukan pemerasan kepada warga. Pelaku akhirnya ditangkap setelah korban melaporkan kasus pemerasan itu ke Polsek Mantrijeron.

Kapolsek Mantrijeron, Kompol Andi Mayasari Patongai mengatakan, aksi pemerasan ini dilakukan korban pada Jumat 11 September 2020 petang. Korban Irvan Yuliantoro yang melintas di Jalan DI Panjaitan, Mantrijeron dengan sepeda motor dipepet pelaku. Setelah berhenti, pelaku mengaku sebagai polisi dan melakukan penggeledahan tas dan dompet pelaku.

Korban yang ketakutan hanya bisa pasrah mendapatkan perlakuan dari pelaku. Selanjutnya korban diminta untuk mengikuti pelaku ke polsek. Dalam kondisi ketakutan, korban akhirnya memilih kabur dan meninggalkan barang berharga miliknya dibawa pelaku.

“Jadi pelaku ini mengaku polisi kemudian menghentikan korban dan membawa dompet korban,” kata Andi, Senin (21/9/2020).

Sampai di rumahnya, korban menceritakan kejadian yang dialaminya kepada temannya. Untungnya korban cukup hafal dengan ciri-ciri pelaku berikut nomor polisi motor yang dipakai pelaku. Kejadian ini pun diunggah di media sosial.

Unggahan ini pun viral di media sosial, dan ada teman korban yang mengenali pelaku. Korban bersama teman-temannya kemudian melaporkan kasus ini ke polisi yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

“Dari laporan itu, Kami lakukan penyelidikan dan amankan pelaku di rumahnya,” sambungnya.

Andi mengatakan, aksi pemerasan ini dilakukan pelaku secara spontan dan tidak direncanakan. Pelaku butuh uang untuk menebus obat. Dia sudah sering mengonsumsi obat dan jika terlambat akan berhalusinasi.

“Kami akan jerat pelaku dengan Pasal 368 KUHP tentang Perampasan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini