Deklarasi Kampanye Damai, Gibran-Teguh Kompak Gunakan Pakaian Adat Jawa

Bramantyo, Okezone · Sabtu 26 September 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 512 2284233 deklarasi-kampanye-damai-gibran-teguh-kompak-gunakan-pakaian-adat-jawa-uXIjr9llxa.jpg Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo menandatangani pakta integritas kampanye damai (Foto: Okezone/Bramantyo)

SOLO - Calon Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Calon Wakil Wali Kota Teguh Prakoso menghadiri deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Sabtu (26/9/2020). Putra sulung Presiden Joko Widodo bersama pasangannya, Teguh Prakosa itu tampak hadir dengan menggunakan pakaian adat jawa. 

Pakaian yang sama digunakan saat Gibran melakukan pendaftaran di Kantor KPU Solo. Bedanya saat mendaftar, Gibran dan Teguh menggunakan celana, sedangkan kali ini Gibran dan Teguh Jarik motif Sido Mukti. Begitu pula untuk alas kaki, Gibran dan Teguh menggunakan sendal trumpah lulang kebo.

Sebelumnya, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Bagyo Wahyono dan FX Supardjo datang dengan menggunakan pakaian Jawa beskap warna hitam dengan jarik, dan dilengkap dengan blangkon. Baca Juga: Pilkada Solo 2020, Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo Komitmen Kampanye Taati Protokol Kesehatan

Usai deklarasi kampanye damai, Gibran mengatakan bila dirinya telah siap mengikuti seluruh rangkaian pesta demokrasi ini hingga pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Menyangkut masa kampanye di saat pandemi, Gibran mengatakan, bila dirinya akan lebih banyak melakukan kampanye Daring. Termasuk menggelar blusukan online.

Upaya ini dilakukan untuk membantu pemerintah pusat yang tengah gencar memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Dengan sistem kampanye daring dan blusukan online kerumunan massa bisa dicegah.

"Nanti juga ada tim yang door to door, kalau saya lebih banyak daringnya," jelas Gibran.

Senada juga disampaikan cawali Solo dari jalur perseorangan, Bagyo Wahyono. Pihaknya juga siap menjalankan semua ketentuan dari KPU terkait pelaksanaan kampanye di tengah pandemi Covid-19.

"Kami juga akan kampanye dan tetap menjalankan protokol keseharan untuk mencegah penyebaran Covid-19,"terangnya.

Sementara itu Ketua KPU Solo Nurul Sutarti, menjelaskan dalam gelaran kampanye ini akan ada suasana berbeda dibandingkan masa kampanye sebelumnya.

Karena pada masa kampanye kali ini, virus Corona masih mengganas. Sehingga KPU meminta pada semua paslon mengedepankan protokol kesehatan. Dengan kata lain, para Paslon diminta untuk lebih kreatif dalam berkampanye di masa pandemi ini.

"Masa kampanye kali ini berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya, kali ini digelar dalam suasana prihatin. Meski begitu di tengah keprihatinan, kita bisa melaksanakan demokrasi namun tetap mengedepankan protokol kesehatan," lanjut Nurul.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini