Polda Kalsel Tingkatkan Pencegahan Peredaran Narkoba di Tengah Pandemi Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 07 Oktober 2020 20:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 340 2290120 polda-kalsel-tingkatkan-pencegahan-peredaran-narkoba-di-tengah-pandemi-covid-19-sE24kXIlBI.jpg Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta. (Foto : Dok Humas Polda Kalsel)

JAKARTA – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkatkan pencegahan peredaran narkoba di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan dengan penyuluhan dan edukasi bahaya narkoba berbasis online.

Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta mengungkapkan, jajarannya tidak lengah untuk mencegah peredaran narkoba di tengah pandemi virus corona. Selain narkoba, polisi menyosialisasikan jenis barang terlarang lainnya.

“Selain narkoba banyak jenis obat-obatan yang tanpa izin edar, miras dan miras oplosan. Dengan demikian seluruh masyarakat khususnya warga Banua yang awam dan tidak mengetahui bahwa obat-obatan tersebut dapat merusak kesehatan dan dapat menyebabkan kematian,” kata Nico dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Menurut Nico, sosialisasi pencegahan ini untuk memberikan edukasi agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba serta memberikan pemahaman tentang bahaya Narkoba dan sanksi hukum sesuai UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan UU No 36 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Sehingga mereka dapat memahami bahwa narkoba menjadi musuh besar saat ini," ujar Nico.

Ia berharap, masyarakat dapat mengetahui dan mengerti tentang narkoba, sehingga dapat meminimalkan serta mencegahnya dan ikut berperan aktif dalam program pencegahan, pemberantasan, dan penanggulangan peredaran gelap narkoba di wilayah hukum Polda Kalsel.

"Matahari tidak pernah berjanji tapi dia akan datang setiap pagi, seperti itulah keteguhan hati di dalam perangi narkoba," ucap Nico.

Baca Juga : Bareskrim Tembak Mati Pengedar Narkoba Sindikat Nigeria

Terkait hal ini, Polda Kalsel diganjar penghargaan oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) atas prestasi Pemrakarsa Penyuluhan dan Edukasi Bahaya Narkoba Serentak Secara Virtual TNI, Polri, Organisasi dan masyarakat umum.

Baca Juga : Gagalkan Peredaran 23 Kg Sabu, Bareskrim Tangkap Seorang Pengedar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini