Alasan UGM Pilih Bambang Purwoko, Anggota TGPF yang Ditembak di Papua

Agregasi Sindonews.com, · Jum'at 09 Oktober 2020 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 340 2291328 alasan-ugm-pilih-bambang-purwoko-anggota-tgpf-yang-ditembak-di-papua-DkbdGxBa6d.jpg Bambang Purwoko ditembak KKB di Papua (Foto : Kogabwilhan III)

YOGYAKARTA – Penunjukan Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Bambang Purwoko menjadi anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya, Papua, ada alasan khusus.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan, Bambang Purwoko memiliki kapasitas dan integritas soal Papua lantaran Bambang merupakan Pokja pembangunan Papua sehingga seluk beluk tentang Bumi Cenderawasih.

Karena itu, saat ada permintaan dari pemerintah yakni Kemenko Polhukam, UGM bersama perguruan tinggi lain mempercayakan kepada Bambang Purwoko. "Itulah dasar kami mempercayakan Bambang Purwoko menjadi TGPF Intan Jaya," kata Panut, Jumat (9/10/2020).

Selain mengetaui kondisi Papua, Bambang Purwoko juga konsen terhadap pembagunan di sana, terutama dari sisi kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan. Di antaranya dengan telaten dan sabar memberikan pendampingan dan pendidikan anak muda Papua (lulusan SMA) untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia, di antaranya ke UGM.

"Dedikasiya terhadap pembangunan di Papua, tidak diragukan lagi," paparnya.

Baca Juga : Penembakan Tim TGPF Intan Jaya di Papua

Selain itu, mengetahui kondisi Papua, Bambang Purwoko juga sering mengajak pejabat Papua ke UGM untuk berdiskusi soal pembanguaan di Papua. Atas dasar itu, maka pemilihan Bambang Purwoko menjadi anggota TGPF Intan Jaya dinilai tepat.

Sebagaimana diberitakan anggota TGPF Intan Jaya, Papua, Bambang Purwoko dilaporkan menjadi korban penembakan KKSB saat melakukan investigasi di Sugapa, Intan Jaya, Papua, Jumat (9/10/2020) pukul 15.45 WIT. Ia terkena tembakan di kaki kirinya. Saat ini dirawat di RS Sagapu, Intan Jaya, Papua, dan rencananya Sabtu 10 Oktober 2020, akan dievakuasi ke Timika.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini