Pasca Demo UU Ciptaker, Polisi Tangkap 7 Anggota Kelompok Anarko

Era Neizma Wedya, iNews · Jum'at 09 Oktober 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 610 2291096 pasca-demo-uu-ciptaker-polisi-tangkap-7-anggota-kelompok-anarko-kJJyXyxD9N.jpg Demo UU Ciptaker di Palembang berujung ricuh (Foto : iNews/Era N)

PALEMBANG - Polisi menangkap 7 orang yang dianggap terlibat dalam kelompok Anarko saat demo terkait UU Cipta Kerja di Gedung DPRD Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut di Mapolrestabes Palembang.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, mengatakan 7 orang tersebut awalnya diamankan bersamaan dengan 174 orang saat demo menolak omnibus law di hari pertama, Rabu (7/10/2020).

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata 7 orang di antaranya diduga terlibat dalam kelompok Anarko. Mereka juga diketahui datang dari Jakarta," katanya, Jumat (9/10/2020).

Disampaikan Supriadi, hasil pemeriksaan sementara 7 orang tersebut berusia 30-40 tahun dan bukan tercatat sebagai warga Sumsel. Karena itu, saat ini penyidik masih melakukan pendalaman terkait motif kedatangan mereka ke Palembang, hingga dapat terlibat dalam aksi demonstrasi tersebut.

“Dugaan sementara mereka ini memang disebar ke sejumlah daerah di Indonesia untuk memicu kerusuhan. Namun, untuk yang Palembang sudah terlebih dahulu diamankan petugas," katanya.

Selain itu, penyidik juga masih mendalami dugaan adanya aktor intelektual yang berada di belakang kelompok Anarko tersebut, termasuk sumber pendanaan yang membiayai kedatangan mereka ke Palembang.

Baca Juga : 129 Pendemo UU Ciptaker Ditangkap, 15 di Antaranya Anggota Geng Motor

Sementara itu, pada Kamis 8 Oktober 2020, petugas mengamankan 340 orang yang dianggap sebagai provokator saat demo omnibus law hingga menyebabkan terjadinya kerusakan fasilitas di Gedung DPRD Sumsel, termasuk perusakan kendaraan polisi.

"Dari 340 orang itu, sudah ada beberapa di antaranya menjadi pelaku perusakan kendaraan polisi. Nanti akan kita sampaikan kembali," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini