"Jangan Buang Sampah di Sini, Kemarin Ada yang Kesurupan"

Tata Rahmanta, iNews · Senin 19 Oktober 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 512 2295816 jangan-buang-sampah-di-sini-kemarin-ada-yang-kesurupan-zz7JQJEgdo.jpg Kuburan palsu dibuat untuk menakut-nakuti warga yang buang sampah sembarangan. Foto: Tata Rahmanta

BOYOLALI - Pemandangan berbeda terlihat di tepi jalan fly over, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (19/10/2020.

Biasanya yang terlihat di sana cuma tanah ditumbuhi rumput, namun saat ini terdapat gundukkan tanah menyerupai kuburan atau makam, lengkap dengan payung dan bunga.

Gundukkan tanah mirip kuburan tersebut sengaja dibuat oleh sekelompok warga peduli lingkungan yang tergabung dalam Raspala atau Ras Pecinta Alam, untuk menakuti-nakuti warga yang suka membuah sampah sembarangan di lokasi.

Cara tersebut terpaksa dilakukan karena dinilai sudah tak ada cara lain, padahal di tempat tersebut juga sudah dipasang spanduk yang bertuliskan, "Dilarang untuk membuang sampah".

Namun setiap hari warga masih membuang sampah di tepi jalan tersebut. Volume sampah yang terkumpul di sana mencapai satu gerobak sampah dalam sepekan.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Turun tapi Belum Aman

Selain membuat "kuburan", Raspala juga memasang sepanduk baru bertuliskan larangan membuang sampah di sekitar lokasi tersebut.

"Jangan buang sampah di sini, kemarin ada yang kesurupan," demikian tulisan dalam spanduk itu.

Ketua Raspala, Linggar mengatakan sebelum kuburan palsu dibuat, pihaknya bersama warga yang peduli kebersihan terlebih dulu membuat limbah dari lokasi. "Kami harap dengan dibuatnya makam palsu ini, warga tidak membuang sampah di sini lagi," ujarnya.

Baca Juga: Sampah yang Menumpuk di Kali Blencong Berasal dari Kota Bekasi

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini