Diterjang Hujan Deras, Tanah Longsor Timpa Sejumlah Rumah Warga

Taufik Budi, Okezone · Rabu 21 Oktober 2020 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 512 2297456 diterjang-hujan-deras-tanah-longsor-timpa-sejumlah-rumah-warga-HMCY01i6fz.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

PURBALINGGA – Sebanyak lima rumah warga Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten PurbaIingga, Jawa Tengah, rusak akibat tertimpa tanah longsor dan pohon tumbang. Peristiwa itu bermula hujan deras dalam waktu lama.

Kapolsek Mrebet, Iptu Edi Surono mengatakan, sebelum bencana alam tanah longsor terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Selasa 20 Oktober sejak sore hingga Rabu (21/10/2020) pagi. Bukan hanya tanah longsor, sejumlah pohon besar juga tumbang.

"Tidak ada korban jiwa akibat bencana alam yang terjadi. Namun ada lima rumah yang mengalami kerusakan terkena tanah longsor, maupun tertimpa pohon tumbang mulai sore hingga pagi ini," kata Edi kepada awak media.

Baca juga:

Intensitas Hujan Tinggi, Area Pemakaman di Kota Bogor Tergerus Longsor

Diguyur Hujan, Turap Kali Cipinang di Kecamatan Ciracas Longsor   

Rumah yang rusak di antaranya milik Budianto di RT 2/6 berupa bangunan dapur berukuran 4x7 meter persegi amblas akibat tanah longsor. Rumah lain milik Misni di RT 2/4, bangunan gudang berukuran 3x4 meter persegi roboh. Selain itu, rumah milik Sutinah di RT 1/2 tembok rumahnya roboh akibat longsor.

Selain tiga rumah tersebut, dua rumah lainnya rusak akibat tertimpa pohon. Yakni rumah milik Gunarti di RT 1/5 yang rusak pada banguan atap dan tembok akibat tertimpa pohon pete. Satu rumah lainnya milik Tariah di RT 3/5 rusak ringan pada bagian atap akibat tertimpa pohon pisang.

"Total kerugian kerusakan lima rumah akibat bencana alam yang terjadi di Desa Tangkisan ditaksir mencapai Rp40 juta," lugasnya.

Dia menambahkan, petugas gabungan segera turun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi pohon tumbang. Selain itu, juga dilakukan juga pembersihan material tanah longsor yang mengakibatkan rusaknya bangunan rumah warga.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini