BNPB Belum Terima Laporan Dampak Gempa M 5,9 Pangandaran

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 25 Oktober 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 525 2299205 bnpb-belum-terima-laporan-dampak-gempa-m-5-9-pangandaran-3QtomNLx2K.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum menerima laporan dampak kerusakan gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,9 yang melanda Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak akibat kejadian gempa bumi tersebut," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya.

Raditya menambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, BPBD Kota Pangandaran, dan BPBD Kabupaten Tasikmalaya melaporkan bahwa gempa sempat dirasakan kuat selama 5 detik di Kabupaten Pangandaran, 2 detik di Kota Tasikmalaya dan selama 2 detik di Kabupaten Tasikmalaya.

BNPB mengimbau agar pemangku kebijakan di daerah segera mengambil tindakan yang dianggap perlu guna mengantisipasi adanya potensi gempa susulan.

"Selain itu masyarakat diharapkan untuk tidak panik, tidak terhasut oleh informasi yang tidak benar dan hanya mengakses informasi terkait gempa bumi dari instansi pemerintah dan dari pihak yang berwajib lainnya," tutur Raditya.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,9 Pangandaran Terasa hingga Yogyakarta

Sebelumnya, gempa bumi M5,9 Pangandaran berlangsung pada pukul 07.56 WIB. Lokasi gempa berlangsung di 8.22 Lintang Selatan (LS) dan 107.87 Bujur Timur (BT), tepatnya di 90 kilometer barat daya Pangandaran, Jabar.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini