Seorang Terduga Anggota KKB di Intan Jaya Papua Ditembak Mati

Saldi Hermanto, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 340 2299589 seorang-terduga-anggota-kkb-di-intan-jaya-papua-ditembak-mati-SUqYG5qBMY.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIMIKA - Tim gabungan TNI-Polri menembak mati seorang warga yang diduga merupakan anggota dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang beraksi wilayah di Intan Jaya, Papua, Senin (26/10/2020) pagi.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, tim gabungan TNI-Polri setelah aktif melaksanakan operasi penegakan hukum guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Intan Jaya, kemudian melakukan penindakan terhadap kelompok KKB di Kampung Jilai.

Tindakan hukum itu merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan, berupa sweeping dan patroli guna melindungi masyarakat dari ancaman KKB.

Baca Juga:  Mahfud MD Rekomendasikan Struktur Organik Keamanan Papua Dilengkapi 

Penindakan pada pagi hari tadi, sekitar pukul 05.30 WIT, tim gabungan TNI-Polri berhasil menewaskan satu orang anggota KKB atas nama Rubinus Tigau, serta mengamankan dua orang warga lainnya, salah satunya mengaku adik dari Rubinus Tigau yang diduga anggota KKB.

Dari keterangan warga yang diamankan dan mengaku adik dari Rubinus Tigau, menyampaikan bahwa kakaknya Rubinus Tigau aktif dalam aksi KKB di wilayah Intan Jaya dan sekitarnya.

Bahkan, diamankan juga beberapa barang bukti berupa parang dan panah, dokumen struktur organisasi serta 1 unit telepon seluler.

"Pihak keluarga korban juga sudah mengakui keterlibatan korban dalam aksi-aksi KKB. Dari hasil interogasi, diperoleh keterangan bahwa kelompok KKB tersebut kabur ke arah Gereja Mapogo yang lokasinya dekat dengan TKP penembakan TGPF beberapa waktu yang lalu," kata Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi Suriastawa.

Baca Juga:  TGPF Intan Jaya Akan Serahkan Hasil Investigasi ke Menko Polhukam 

Suriastawa menambahkan, penindakan yang dilakukan TNI-Polri merupakan operasi gabungan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat dari ancaman KKB. "Keterangan lebih lanjut akan segera disampaikan sambil menunggu perkembangan yang terjadi di lapangan. Tidak ada korban dari Tim Gabungan TNI-Polri," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini