Pra-rekonstruksi Perempuan Dibakar, Pelaku Peragakan 20 Adegan Pembunuhan

Bramantyo, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 512 2299923 pra-rekontruksi-perempuan-dibakar-pelaku-peragakan-20-adegan-pembunuhan-SMBUBBRMXp.jpg Pra-rekonstruksi. (Foto: Okezone.com/Bramantyo)

SUKOHARJO - Pra-rekonstruksi kasus pembunuhan Yulia (42), perempuan yang ditemukan tewas dalam mobil yang terbakar, di Sukoharjo. Pra-rekonstruksi digelar Satreskrim Polres Sukoharjo.

Pra-rekontruksi yang dipimpin langsung Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas itu digelar di dua lokasi.

Lokasi pertama di kandang ayam Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Senin (26/10/2020) sore sekira pukul 15.30 WIB, saat istri dokter itu dibunuh.

Pra-rekontruksi kedua digelar saat jasad Yulia ditemukan di dalam mobil yang terbakar.

Dalam pra-rekontruksi di lokasi pertama, tersangka memperagakan 20 adegan. Tersangka memang sudah memiliki rencana menghabisi Yulia. Hal itu terlihat dari berbagai persiapan tersangka, seperti menyimpan linggis dan lakban.

Kemudian, setelah persiapan selesai, tersangka pun bertemu korban dan membunuh korban dengan linggis.

Foto: Bramantyo.

Dalam pra-rekontruksi itu, tersangka meminta korban menyebutkan pin ATM saat korban sekarat, melakban dan mengikat korban dan memasukkan korban ke dalam bagasi mobil, dalam keadaan masih hidup.

"Pra-rekonstruksi ini karena ada beberapa TKP, ada tujuh TKP, kita memastikan lagi adegan per adegan. Pra-rekontruksi ini untuk memberi gambaran nyata sebelum rekonstruksi dilakukan, untuk menyamakan persepsi," jelas Bambang, di lokasi pra-rekontruksi, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Suami Yulia Minta Pelaku yang Membunuh dan Membakar Istrinya Dihukum Mati

Menurut Bambang, selain telah mempersiapkan menghabisi nyawa Yulia, dalam pra rekontruksi ini terlihat bila pelaku telah merencanakan pembunuhan itu sejak hari Senin, sehari sebelum bertemu korban.

"Selasa sore, pelaku janjian sama korban bertemu di kandang ayam pada Selasa sore. Pelaku berdalih membayar uang panenan ayam,” ujar Bambang.

Keesokan harinya, korban datang jam 17.00 sempat berbicara mempertanyakan pembayaran uang panenan ayam yang mundur. Lalu terjadilah peristiwa pembunuhan tersebut.

"Saat dimasukan didalam bagasi, korban masig dalam keadaan masih hidup," ucapnya.

Untuk memastikan tempat kejadian perkara ini aman sampai rekontruksi digelar, pengamanan akan dilakukan oleh pihak Polsek Bendosari dan pihak Koramil. 

Sedangkan untuk pra rekonstruksi di TKP lain, yakni di rumah pelaku, lokasi pembakaran dan pembuangan alat kejahatan dilakukan di lain hari. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini