Turki-Prancis Tegang, Karikatur Cabul Erdogan Akan Ditampilkan di Sampul Charlie Hebdo

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 28 Oktober 2020 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 18 2300673 turki-prancis-tegang-karikatur-cabul-erdogan-akan-ditampilkan-di-sampul-charlie-hebdo-sqBMLSlNgM.jpg Foto: Twitter.

PARIS – Majalah satire Prancis, Charlie Hebdo akan menampilkan karikatur Presiden Turki Recep Tayyip Erdigan pada sampul edisi terbarunya. Hal itu diumumkan Charlie Hebdo dalam cuitan di Twitter di tengah ketegangan dan perang kata-kata antara Erdogan dengan Presiden Emmanuel Macron terkait pandangan Prancis terhadap Islam dan kebebasan berbicara.

Cuitan tersebut menunjukkan sampul Charlie Hebdo yang menampilkan karikatur Erdogan yang duduk di kursi dan mengangkat baju seorang wanita untuk memperlihatkan bokongnya dengan tulisan "Erdogan - dia sangat menyenangkan secara pribadi."

BACA JUGA: Charlie Hebdo Akan Terbitkan Kembali Kartun Nabi Muhammad dalam Edisi Khusus

Edisi Charlie Hebdo berikutnya akan dirilis pada Rabu (28/10/2020).

Erdogan telah berada di garis depan gelombang kemarahan dari negara-negara mayoritas Muslim setelah Charlie Hebdo memilih untuk merilis kembali karikatur Nabi Muhammad yang telah membuat marah umat Islam.

BACA JUGA: Kecam Pernyataan Macron yang Hina Islam, Kemlu RI Panggil Dubes Prancis

Kecaman terhadap Prancis semakin banyak muncul setelah Macron, dalam pidatonya menyebut “Islam dalam krisis” dan berbicara tentang “ekstremisme Islam” yang dianggap oleh negara-negara mayoritas Muslim sebagai bentuk penghinaan. Pidato itu disampaikan Macron setelah pembunuhan Samuel Paty, seorang guru yang dipenggal di pinggiran Paris karena memperlihatkan karikatur Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

Menyusul komentar Macron tersebut, negara-negara Arab dan mayoritas Muslim menyerukan pemboikotan terhadap produk-produk Prancis dan menggelar demonstrasi anti-Prancis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini