Share

2 Hari Jelang Pilpres AS, Trump Berkampanye di 5 Negara Bagian

Agregasi VOA, · Senin 02 November 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 18 2302908 2-hari-jelang-pilpres-as-trump-berkampanye-di-5-negara-bagian-HNkk9be5ws.jpg Foto: Reuters.

LANSING – Dua hari menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), pada Minggu (1/11/2020) calon petahana Donald Trump dan saingannya dari Partai Demokrat, Joe Biden berkampanye di beberapa negara bagian untuk menggalang dukungan.

Trump menggelar kampanye di lima negara bagian, dimulai dari Michigan, negara bagian yang pernah dimenangkannya dengan selisih 11 ribu suara pada 2016, ketika bersaing dengan Hillary Clinton. Dia akan tampil dua kali lagi di Michigan pada Senin (2/11/2020), termasuk berkampanye pada malam hari di Grand Rapids yang didominasi konservatif.

BACA JUGA: Diperkirakan Capai Rp164 Triliun, Biaya Pemilu AS 2020 Jadi Terbesar dalam Sejarah

Namun, berbagai jajak pendapat terbaru memperlihatkan Biden unggul dari Trump di Michigan dan Wisconsin dan juga unggul sedikit di Pennsylvania. Ketiganya adalah negara bagian yang secara tradisional Demokrat yang pernah dimenangkan Trump dengan selisih tipis empat tahun lalu.

Biden berusaha memenangi suara di ketiga negara bagian tersebut. Ketiga negara bagian itu penting karena apabila Biden memenangkan ketiganya dan juga seluruh negara bagian lain yang pernah dimenangkan Clinton pada 2016, dia akan keluar sebagai pemenang pilpres.

Diwartakan VOA, saat ini, berbagai jajak pendapat menunjukkan Biden unggul di seluruh negara bagian yang pernah dimenangkan Clinton. Situasi ini menyulitkan Trump untuk memenangkan jabatan kedua.

Baik Trump dan Biden sering mengunjungi ketiga negara bagian itu. Trump mengadakan empat acara kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (31/10/2020). Sedangkan Biden menghadiri dua acara kampanye pada Minggu (1/11/2020) di kota terbesar di negara bagian itu, Philadelphia, yang didominasi Demokrat. Kekuatan Trump di Pennsylvania terkonsentrasi di wilayah yang lebih konservatif, pedesaan dan kota-kota lebih kecil.

BACA JUGA: Pemilu AS 2020, Warga Antre 11 Jam di TPS untuk Berikan Suaranya

Setelah singgah di Michigan, Trump berkampanye di negara bagian lain yang diperebutkan, yaitu Iowa. Di negara bagian ini, sebuah jajak pendapat terbaru memperlihatkan presiden unggul dari Biden. Juga pada Minggu, Trump mengunjungi negara bagian North Carolina, Georgia dan Florida. Ketiga negara bagian itu pernah dimenangkan Trump pada 2016 dan kemungkinan besar akan memainkan peranan penting dalam menentukan hasil pemilu pada Selasa (3/11/2020).

Berbagai jajak pendapat nasional terus menunjukkan Biden unggul dari Trump, dengan sekitar 8 persentase poin. Menurut Elections Project, hingga Minggu siang lebih dari 93 juta pemilih telah menggunakan hak pilih mereka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini