China Menyatakan Bersikap Netral dalam Pilpres AS

Agregasi VOA, · Kamis 05 November 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 18 2304625 china-menyatakan-bersikap-netral-dalam-pilpres-as-aziPNfz9gr.JPG Foto: Reuters.

BEIJING - Kementerian Luar Negeri China pada Rabu (4/11/2020) mengatakan Beijing bersikap netral atau tidak berpihak pada salah satu kandidat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (Pilpres AS). Sikap itu disuarakan China di saat perhatian dunia terfokus pada penghitungan suara dan hasil pemilihan.

"Pemilu AS adalah urusan dalam negeri negara itu. China tidak mengambil posisi dalam masalah ini," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin sebagaimana dilansir VOA.

BACA JUGA: Bisakah Penghitungan Surat Suara Pemilu Amerika Dihentikan Mendadak? 

BACA JUGA: Pilpres AS, Pengamat: Siapa pun Pemenangnya, Hubungan dengan RI Tetap Baik

Hingga Kamis (5/11/2020) mantan Wakil Presiden Joe Biden masih unggul dengan 253 suara elektoral berbanding dengan 213 suara elektoral yang dikantongi petahana Donald Trump. Belum ada kandidat yang berhasil merebut 270 suara dari electoral college yang dibutuhkan untuk menang dan menjadi Presiden AS.

 

Persaingan ketat ini mencerminkan AS sangat terpolarisasi, sewaktu negara menghadapi krisis kesehatan terburuk dan ketidakadilan rasial.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini