Jebakan Muncikari, Bikin Grup Lowongan Kerja untuk Dijadikan PSK

Taufik Budi, Okezone · Kamis 05 November 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 512 2304727 jebakan-muncikari-bikin-grup-lowongan-kerja-untuk-dijadikan-psk-4wGAcCA3Zq.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

PURWOREJO – Seorang muncikari berhasil memperdaya perempuan di Purworejo Jawa Tengah. Dia memanfaatkan media sosial untuk membuat jebakan guna menggaet calon mangsa dengan menawarkan pekerjaan. Padahal pekerjaan yang diatawarkan itu untuk menjadi pekerja seks komersial (PSK).

Tersangka diketahui bernama Aji (38) warga Desa Condongsari Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo. Kasus itu bermula saat korban sebut saja Bunga kebingungan mencari kerja. Dia lalu mengunggah tulisan sedang mencari kerja di grup Facebook “Loker Purworejo Siap Kerja”.

Tulisan itu tampaknya ampuh dan berhasil menarik perhatian anggota grup. Di antaranya, korban mendapatkan pesan di inbox dari tersangka menggunakan akun Facebook “Septi Septi” melalui aplikasi messenger.

“Saat itu tersangka menawarkan pekerjaan ‘bookingan’ (pekerja seks komersial) dengan gaji sebesar Rp4 juta. Namun korban menolak dengan alasan tidak bisa keluar rumah,” kata Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Agil, Rabu (4/11/2020).

Selain menawarkan pekerjaan ‘bookingan’ tersangka juga menawarkan kerja VCS (video call sex) dengan gaji sebesar Rp1 juta per jam. Tawaran tersebut disetujui korban. Mulai dari sinilah tersangka mulai memperdaya korban.

“Kemudian tersangka beralih menggunakan akun Facebook ‘Ris’ yang seolah-olah merupakan pelanggan dari akun ‘Septi Septi’. Dengan akun ‘Ris’ tersebut tersangka meminta foto bugil korban dan melakukan VCS,” tuturnya.

Saat VCS tersebut, tersangka melakukan potongan layar atau screenshot gambar korban yang telanjang. Tersangka juga menyakinkan korban menggunakan akun ‘Septi Septi’ untuk mengirimkan dengan foto bugil dan menjamin aman karena tidak akan disebarkan.

“Setelah mendapatkan foto bugil korban tersebut kemudian digunakan tersangka untuk mengancam korban agar mau melayani hasrat seksualnya. Dengan cara menyebarkan dokumen elektronik yang berisi ancaman baik melalui akun Facebook ‘Septi Septi’ ataupun akun Facebook ‘Ris,” ungkapnya.

Baca Juga : Terlilit Utang Pinjaman Online, Mantan Pegawai Rampok Minimarket

Korban yang ketakutan foto bugilnya tersebar, akhirnya bersedia menemui tersangka pada Jumat 18 September 2020 sekira pukul 09.00 WiB. Mereka bertemu di Pasar Sendang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo.

“Tersangka kemudian mengajak korban ke salah satu penginapan di Pantai Glagah Kulonprogo. Di penginapan tersebut tersangka melakukan hubungan badan dengan korban sebanyak tiga kali, sampai sekira pukul 11.00 WIB,” terangnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini