Dramatis! Ratusan Warga di Lereng Gunung Merapi Dievakuasi

Puji Hartono , iNews · Jum'at 06 November 2020 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 512 2305388 dramatis-ratusan-warga-di-lereng-gunung-merapi-dievakuasi-GsaCjRhIs0.jpg Foto: iNews

MAGELANG -Status Gunung Merapi naik menjadi siaga atau Level III sejak Kamis (5/11) siang kemarin. Akibatnya, ratusan warga yang bermukim di kawasan rawan bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah Magelang, Jawa Tengah mulai dievakuasi ke tempat pengungsian.

Langkah evakuasi ini di lakukan untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan jika Gunung Merapi erupsi.

(Baca juga: Cerita Warga Lereng Merapi Berkali-kali Mengungsi karena Erupsi)

Pantauan di lokasi, Jumat (6/11/2020) proses evakuasi warga Dusun Trono, Desa Krinjing, Kecamatan Dukun dengan mengunakan kendaraan bak terbuka maupun mobil pribadi. Mereka secara bersama sama berkumpul titik kumpul desa/.

Dengan dibantu pihak aparat kepolisian dan TNI serta relawan warga renta, ibu hamil, anak anak dan kaum disfable langsung dievakuasi menuju ke tempat pengungsian di desa penyangga yang sudah disiapkan.

“Saya takut mas (Gunung Merapi erupsi), apalagi saya bawa bayi berusia 13 hari,” ujar salah satu pengungsi Wati, di lokasi.

Langkah evakuasi warga untuk mengungsi ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Di Kabupaten Magelang sendiri, ada tiga desa yang masuk dalam kawasan Gunung Merapi yakni Desa Krinjing, Ngargomulyo dan Paten yang mulai dievakuasi ke tempat pengungsian yang aman dari ancaman erupsi.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini