Waspada Komplotan Jambret Incar HP Pelajar Daring

Hana Purwadi, iNews · Senin 16 November 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 519 2310623 waspada-komplotan-jambret-incar-hp-pelajar-daring-g7w1WY2XPM.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

PROBOLINGGO - Empat Jambret HP, masing-masing berinisial E, K , N, dan H berhasil ditangkap Satreskrim Polres Probolinggo Kota, Jawa Timur. Empat pelaku terebut rata rata mengincar pelajar yang sedang belajar daring.

Metode pembelajaran dengan sistem daring (online) dengan menggunakan perangkat HP ini dimanfaatkan pelaku melakukan aksi kejahatan .

Tertangkapnya pelaku ini berawal dari laporan korban, dan hasil olah TKP dan keterangan saksi saksi di lapangan, kemudian polisi berhasil mengidentifikasi pelaku dan berhasil diamankan.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP RM Jauhari, saat press Rilis menjelaskan, ungkap 4 pelaku jambret ini berhasil diamankan dalam kurun waktu sepekan. Masing masing pelaku berhasil diamankan di rumahnya masing-masing.

”Keberhasilan uangkap pelaku jambret HP ini terhitung sejak satu pekan dan rata rata korbanya pelajar,” jelas Jauhari, Senin (16/11/2020).

Jauhari menambahkan, modus pelaku biasanya berkeliling mencari sasaran anak anak (pelajar) yang sedang mencari signal, atau hendak ke rumah teman untuk belajar daring. “ Di saat itulah pelaku maping, dan melancarkan aksinya,” tambahnya.

Dari ungkap ini polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 unit HP milik korban, dan dua motor diduga kuat milik pelaku. “Diimbau kepada masyarakat hendaknya selalu waspada dan selalu berhati-hati, para orangtua disarankan mendampingi putra putri atau jangan dibiarkan sendiri,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini