Puluhan Rumah Warga di Mamuju Terendam Banjir Rob

Syukri Syarifuddin, iNews · Rabu 18 November 2020 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 340 2311853 puluhan-rumah-warga-di-mamuju-terendam-banjir-rob-PXHu9MZ9R6.png Banjir rob melanda pemukiman warga Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: tangkapan layar)

MAMUJU - Puluhan rumah warga di perumahan Grahanusa Dua, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawe Barat teredam bajir rob. Warga tidak dapat berbuat banyak selain pasrah melihat kondisi rumahnya yang penuh dengan air.

(Baca juga: Banjir di Mamuju Jadi yang Terparah dalam 20 Tahun Terakhir)

Banjir tersebut terjadi lantaran muara sungai yang berada di samping pemukiman warga tidak dapat menampung debit air laut yang bertemu dengan air sungai. Akibatnya air meluap hingga masuk kepemukiman warga.

Ini diperparah lagi karena saluran pembuangan di perumahan tidak berfungsi dengan baik, sehingga air rob yang masuk tidak dapat mengalir dengan cepat.

(Baca juga: Diguyur Hujan 8 Jam, Ribuan Rumah Warga di Mamuju Terendam Banjir)

Erik, salah seorang warga yang ikut terdampak banjir mengatakan, kejadian tersebut terjadi setelah warga usai melaksanakan sholat magrib. Ia mengatakan, kejadian tersebut merupakan kali kedua, di mana banjir melanda tempat tinggalnya dalam satu pekan ini.

“Warga berharap kepada pemerintah agar sungai yang ada di samping pemukiman warga bisa ditanggul lebih tinggi dari bibir sungai agar kejadian serupat tidak kembali terjadi,” kata Erik, Rabu (18/11/2020). (Don)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini