Tok! Jerinx SID Divonis 1 Tahun 2 Bulan dan Denda Rp10 Juta

Mohamad Chusna, Sindonews · Kamis 19 November 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 244 2312242 tok-jerinx-sid-divonis-1-tahun-2-bulan-dan-denda-rp10-juta-nC8gc1KvAh.jpg source: Instagram @jrxsid

DENPASAR – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, menyatakan Jerinx SID (Superman Is Dead) bersalah dan divonis dengan hukuman 1 tahun, 2 bulan penjara dan denda Rp10 juta.

Namun apabila Jerinx tidak membayar denda maka bisa digantikan dengan kurungan 1 bulan. Terdakwa juga harus membayar biaya perkara Rp2.000.

Selain itu majelis hakim juga menetapkan Jerinx SID tetap ditahan dan masa penahahan dikurangi masa tahanan yang telah dijalani.

(Baca juga: Polda Jabar Bidik Pelanggaran Prokes Acara Habib Rizieq di Markaz Syariah)

Persidangan digelar secara tatap muka atau offline mulai pukul 10.00 Wita di ruang sidang Cakra. Sidang juga akan disiarkan secara langsung melalui channel YouTube PN Denpasar.

Jaksa menyatakan pemilik nama asli I Gede Ari Astina itu Jerinx terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 28 ayat 2 dan pasal 45 Ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) juncto pasal 64 Ayat 1 KUHP.

(Baca juga: Kuasa Hukum Jerinx Siapkan Ahli Bahasa untuk Pembanding)

Salah satu pertimbangan jaksa, unggahan Jerinx telah melukai perasaan dokter di seluruh Tanah Air. Proses pembuktian tuntutan terletak pada tindak pidana ujaran kebencian berupa kata-kata, kalimat dan narasi yang diposting terdakwa lewat Instagram.

Sekadar diketahui, dalam sidang sebelumnya, Jerinx dituntut pidana penjara tiga tahun dan denda Rp10 juta subsider tiga bulan kurungan.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini