Awas! Gempa Multiphase Gunung Merapi Meninggi, Pergerakan Magma Dekati Permukaan

Tata Rahmanta, iNews · Jum'at 20 November 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 512 2313211 awas-gempa-multiphase-gunung-merapi-meninggi-pergerakan-magma-dekati-permukaan-RDZClEXUzn.jpg foto: Okezone

BOYOLALI - Aktivitas Gunung Merapi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah hingga saat ini tingkat kegempaan untuk mp atau multiphase sudah tinggi. Hal tersebut menunjukkan pergerakan magma sudah semakin ke permukaan dan kurang dari 1,5 Km dari puncak Gunung Merapi.

(Baca juga: Guguran Material Vulkanik Merapi Terus Meningkat)

Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, saat berada di tempat penampungan pengungsi sementara di Desa Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, mengatakan, bahwa untuk potensi bahaya arah letusan utamanya masih ke Kali Gendol.

(Baca juga: Koopssus Unjuk Kekuatan di Petamburan, Munarman: Kasihan Kalau Dibentuk Hanya Itu Tugasnya!)

“Namun karena guguran berkali-kali ke arah barat dan barat laut, maka ada potensi juga ke arah Kali Senowo dan Kali Lamat,” ujarnya, Jumat (20/11/2020).

Hanik menambahkan, diperkirakan untuk erupsi kali ini akan berbeda dengan erupasi tahun 2010 yang memakan banyak korban jiwa.

“Hngga saat ini belum ada pertumbuhan kubah lava baru di Puncak Merapi. Namun, warga yang berada dilereng Gunung Merapi diharapkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya. Karena saat ini status Gunung Merapi siaga level tiga dengan radius aman maksimal lima kilo meter,” tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini