Keren! Bangunan Balai Desa di Pacitan Mirip Istana Merdeka Jakarta

Ahmad Subekhi, iNews · Jum'at 20 November 2020 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 519 2313004 keren-bangunan-balai-desa-di-pacitan-mirip-istana-merdeka-jakarta-ymF98FG8Q8.jpg Bangunan Balai Desa di Pacitan, Jawa Timur mirip Istana Merdeka, Jakarta (Foto: Ahmad Subekhi)

PACITAN - Sebuah bangunan balai desa di Pacitan, Jawa Timur mirip dengan Istana Merdeka, Jakarta. Bangunan unik tersebut lengkap dengan tangga, tiang penyangga dan lambang negara di atas atap. Hanya ukurannya saja yang lebih kecil. 

Lantaran keunikannya, bangunan ini menjadi lokasi wisata. Pantauan di lokasi, bangunan Kantor Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, di bagian depan terpancang enam tiang beton, serta di kanan kirinya terdapat bangunan kecil.

Di atas bagian gedung terdapat lambang burung Garuda serta bendera merah putih. Bangunan berdiri di atas lahan seluas 12x35 meter persegi.

Baca Juga: Unik, Bocah Asal Buton Ini Punya Bola Mata Biru

Kantor desa tersebut sengaja didesain semirip mungkin dengan Istana Merdeka. Ada 17 anak tangga seperti Istana. Di dalamnya, kantor desa melayani surat menyurat di desa dan kegiatan pemerintah desa lainnya.

Bangunan tersebut menjadi lokasi wisata. Saat hari minggu dan hari libur, banyak warga berdatangan untuk sekadar berswafoto atau untuk foto pernikahan.

“Bangunan ini kini jadi ikon Desa Dadapan. Biasanya yang datang untuk foto selfie atau prewedding. Bagus ini sebagai citra desa yang maju,” kata salah seorang pengunjung, Efendi, Jumat (20/11/2020).

Bangunan didirikan tahun 2015 dengan biaya sekitar hampir Rp200 juta. Dana dari alokasi dana desa dan swadaya masyarakat.

Baca Juga: Unik, 2 Bocah Bermata Biru dan Bersinar Saat Malam

Pemerintah desa dan warga antusias membangun gedung ini, karena Desa Dadapan awalnya identik dengan desa pelosok yang tertinggal. Agar bisa muncul dan sejajar dengan desa lain, pemerintah desa membangun bangunan ini. Bahkan, bangunan ini menjadi ikon Desa Dadapan.

“Awalnya, bangunan desa yang lama tampak tinggi karena ada tangga tersebut. Saya lalu terinspirasi melebarkan bangunan supaya enggak terlihat tinggi. Jadilah bangunan baru ini mirip Istana Merdeka,” ujar Kepala Desa Dadapan, Ismono.

Kini, bangunan ini pun banyak bermunculan di dunia maya karena keunikannya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini