Ratusan Massa dari 13 Suku di Sumut Tolak Kedatangan Habib Rizieq

Said Ilham, iNews · Senin 23 November 2020 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 608 2314376 ratusan-massa-dari-13-suku-di-sumut-tolak-kedatangan-habib-rizieq-pzT7gOPLGO.png Ratusan perwakilan dari 13 suku di Sumut melakukan unjuk rasa menolak rencana kedatangan Habib Rizieq ke Kota Medan dan Sumut. (Foto: tangkapan layar)

MEDAN - Ratusan massa dari 13 suku di Sumatera Utara (Sumut) melakukan aksi unjuk rasa ke Gedung DPRD Sumut untuk menolak kedatangan Habib Rizieq di Kota Medan dan Sumatera Utara. Massa tidak ingin masyarakat Kota Medan dan Sumatera Utara terpecah belah akibat adanya ujaran kebencian dan terganggunya toleransi umat beragama di provinsi tersebut.

(Baca juga: Kapolri Mutasi 59 Jenderal Polri, Ini Daftarnya)

Ratusam massa yang tergabung dalam Forum Bhineka Tunggal Ika Sumatera Utara, Senin (23/11/2020) siang membawa spanduk dan menyampaikan pernyataan sikap. Dalam orasinya, Forum Bhineka Tunggal Ika Sumatera Utara menyatakan penolakannya atas rencana kedatangan Habib Rizieq di Kota Medan.

“Kami menolak setiap gerakan intoleran yang menimbulkan ujaran kebencian yang membuat terpecah belahnya umat dan kesatuan bangsa serta tidak kondusifnya Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara,” kata Hendarwan Siregar, koordinator aksi, Senin (23/11/2020).

(Baca juga: Wagub DKI Penuhi Panggilan Polda Metro Terkait Kerumunan di Petamburan)

Forum juga menyatakan mendukung sepenuhnya program-program pemerintah dan mendukung TNI-Polri untuk memberantas kelompok-kelompok radikal. Lebih lanjut, kata Siregar, pihaknya akan menjadi garda terdepan melawan pihak yang membuat kekacauan dan pecah belah umat. “Dan meminta DPRD Sumatera Utara dapat menyampaikan aspirasi ini ke pemrintah dan pihak berwenang,” tutupnya.

Usai berunjuk rasa, massa kemudian diterima Wakil Pimpinan DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani di depan Gedung DPRD Sumut. Sibarani meminta massa dari 13 suku untuk mempertahankan NKRI dan menjaga toleransi umat beragama.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini