Pejabat Israel: Ada Pertemuan Rahasia PM Netanyahu dengan Putra Mahkota Saudi

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 24 November 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 18 2315144 pejabat-israel-ada-pertemuan-rahasia-pm-netanyahu-dengan-putra-mahkota-saudi-emTDNQpx8R.JPG Foto gabungan menampilkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Osaka, Jepang, 29 Juni 2019, dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu di Yerusalem. (Foto: Reuters)

YERUSALEM – Pejabat Israel pada Senin (23/11/2020) mengatakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Keterangan ini bertolak belakang dengan pernyataan Riyadh yang membantah ada pertemuan antara kedua pemimpin.

Sebelumnya, media Israel mengatakan Netanyahu pada Minggu (22/11/2020) diam-diam terbang ke Neom, kota resor di Laut Merah Arab Saudi, untuk melakukan pembicaraan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.

BACA JUGA: Radio Israel: PM Netanyahu Diam-Diam Temui Putra Mahkota Saudi Akhir Pekan Lalu 

Laporan pertemuan antara putra mahkota dan Netanyahu dibantah oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud.

“Saya bertemu Pompeo di bandara dan pergi bersamanya ke pertemuan itu. Saya kemudian membawanya kembali ke bandara. Pejabat Saudi dan Amerika adalah satu-satunya yang hadir,” katanya. 

Setelah pernyataan dari Riyadh, Netanyahu menolak mengomentari laporan tentang perjalananya tersebut, namun, seorang pejabat kabinet Netanyahu kemudian buka suara mengonfirmasi kunjungan sang Perdana Menteri ke Arab Saudi.

“Fakta bahwa pertemuan itu terjadi, dan diumumkan ke publik, meskipun sekarang setengah resmi, adalah masalah yang sangat penting,” kata Yoav Gallant, seorang anggota kabinet keamanan Netanyahu sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Arab Saudi Bantah PM Israel Gelar Pertemuan Rahasia dengan Putra Mahkota

Bocornya penerbangan rahasia Netanyahu ke Arab Saudi dikecam oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz, yang menyebutnya sebagai “tindakan tak bertanggung jawab”.

Dalam pidatonya pada Minggu, Netanyahu menyampaikan pesan kepada Presiden terpilih AS Joe Biden, mendesaknya untuk tidak kembali kepada kesepakatan nuklir Iran 2015 yang ditinggalkan Presiden Donald Trump.

Di akhir masa jabatan Trump, Pompeo telah mencoba membujuk Arab Saudi untuk mengikuti Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan dalam bergerak menuju hubungan diplomatik formal dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi pada Sabtu (21/11/2020) mengatakan bahwa Kerajaan telah lama memilih melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, tetapi dengan syarat Israel dan Palestina mencapai "kesepakatan perdamaian permanen dan penuh".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini